Tanya Dokter

  • Dada kiri lebih bengkak dari dada kanan

  •  Leasalika
    Anggota
    Dok.. saya mau bertanya mengapa dada atas sebelah kiri lebih bengkak daripada dada sebelah kanan?

    Halo Saudari Leasalika,

    Pembengkakan Dada kiri atas pada payudara wanita dapat disebabkan kemungkinan beberapa kondisi seperti : 

    - Asimetris normal tubuh, pembengkakan tidak ada benjolan teraba, sewarna kulit tidak ada kemerahan atau bagian kulit menebal, tidak ada keluar cairan. Pembengkakan saat premensttuasi (sebelum haid) terjadi pada kedua payudara. Hal ini normal dan tidak perlu dikhawatirkan.

    Yang perlu diperhatikan adalah bila pembengkakan dengan :

    - Mastitis yakni kondisi infeksi radang pada kelenjar payudara menyebabkan salah satu payudara lebih membengkak dengan nyeri dan kemerahan.

    - Abses payudara yakni adanya nanah dibawah kulit payudara akibat reaksi infeksi, pembengkakan ditandai adanya bagian kulit yang memerah dan luka sumber infeksi.

    - Fibroadenoma yakni teraba benjolan didalam payudara, lunak dan tidak nyeri

    - Keganasan dengan ciri benjolan yang nyeri, bentuk tidak menentu, kulit permukaan mengeras, bernanah, keluar cairan dari puting.

    Bila ada kondisi pembengkakan seperti diatas maka sebaiknya konsultasikan dengan dokter spesialis bedah untuk dilakukan pemeriksaan langsung dan diarahkan ke pemeriksaan lanjutan seperti pemeriksaan hematologi darah, pemeriksaan usg payudara atau mamografi, hingga MRI atau Ct-scan. Pemeriksaan biopsi pun dapat dilakukan untuk pemeriksaan jenis jaringan sel pada benjolan. Semoga bermanfaat.