Tanya Dokter

  • Kaki mati rasa, kesemutan, mual dan BAB cair setelah konsumsi antibiotik berkepanjangan

  •  aremad84
    Anggota

    Saya pernah mengkonsumsi antibiotik dalam jangka waktu yang lama, sekarang saya telah merasain efeknya seperti mati rasa di kaki kiri, kesemutan, mual, mencret, lidah bercak putih, bintik putih kecik pada mulut, bintik kecil pada kulit dan tidak terasa gatal. Bagaimana dopkter utk sy mengobati penyakit saya ini.

    Hai Aremad84,

    Terima kasih atas pertanyaannya.

    Keluhan berupa mati rasa di kaki kiro, kesemutan, mual, buanh air besar encer, lidah terdapat bercak putih, bintik putih pada mulut, bintik kecil pada kulit tanpa disertai rasa gatal, memiliki riwayat konsumsi antibiotik jangka waktu panjang, memang dapat membuat Kamu merasa khawatir. Kamu dapat memeriksakan diri ke Dokter Umum atau Dokter Spesialis Penyakit Dalam ya. Dokter akan melakukan anamnesis ( tanya jawab Dokter- Pasien), pemeriksaan fisik, bila perlu pemeriksaan penunjang seperti tes darah. Berikut beberapa kemungkinan yang terjadi:

    • Infeksi, dapat infeksi bakteri, virus, jamur, dan lainnya
    • Penyakit autoimun
    • Alergi
    • Gangguan pada persarafan

    Disamping ke Dokter, upaya yang dapat Kamu lakukan adalah:

    • Konsumsi makanan sehat dengan menu seimbang secara teratur
    • Cukupi kebutuhan cairan (banyak minum)
    • Istirahat yang cukup, hindari begadang
    • Hindari faktor pencetus alergi
    • Jaga kebersihan kulit dengan mandi dua kali sehari menggunakan sabun berbahan dasar alami, bila perlu gunakan pelembab kulit
    • Rutin olahraga
    • Kelola stres psikis, misalnya mengikuti yoga, konseling

    Demikian semoga lekas membaik.

    dr. Annes