Tanya Dokter

  • efek samping dari bahan pembesar payudara

  •  karlin
    Anggota

    Dok saya punya pembesar payudara produknya sabun kandungannya mengandung cocos nucifera oil aqua sodium hydroxite pueraria mirifica root extrat piper bettle leaf extrat solanum lycopersicum extrat citrus medica limonum extrat curcuma longa extrat garcinia mangostana bark extrat fragnance sodium chloride dan metylparaben dari bahan di atas apakah aman dok mengganggu siklus menstruasi dan kesuburan gk dok mohon penjelasannya

    Halo Karlin, terimakasih atas pertanyaannya untuk Alodokter

     

    Pada dasarnya membesarkan payudara hanya dapat dilakukan dengan 2 cara, operasi rekonstruksi payudara dan terapi hormonal. Penggunaan krim atau sabun tertentu tidak terbukti efektif memperbesar payudara. Dalam kondisi normal, payudara dapat membesar pada kondisi tertentu seperti menjelang masa menstruasi atau saat hamil dan menyusui.

    Produk sabun yang anda sebutkan tersebut pada dasarnya mengandung bahan-bahan yang memiliki efek antioksidan dan fitoestrogen. Fitoestrogen merupakan senyawa mirip hormon estrogen dalam tubuh wanita yang ditemukan pada tumbuh-tumbuhan. Meskipun memang benar bahwa konsumsi fitoestrogen dalam jumlah tinggi dapat memperbesar ukuran payudara, penggunaan fitoestrogen secara topikal (seperti dalam sabun yang dioleskan ke payudara misalnya) tidak akan memiliki efek yang sama dengan konsumsi fitoestrogen (konsumsi melalui mulut/dimakan). Perlu diingat juga bahwa konsumsi fitoestrogen dalam jumlah tinggi juga dapat memperbesar risiko terjadinya kanker payudara.

    Dalam sabun yang anda sebutkan tersebut juga terkandung methylparaben, paraben banyak digunakan dalam produk kecantikan sebagai bahan pengawet. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa paraben ini dapat memicu pertumbuhan sel-sel kanker payudara, sehingga penggunaannya sebaiknya dibatasi.

    Bila anda hendak memperbesar payudara, anda dapat melakukan beberapa langkah berikut ini:

    1. Melakukan olahraga yang dapat memperbesar otot-otot dada seperti melakukan push up atau olahraga angkat beban
    2. Meningkatkan berat badan
    3. Konsumsi makanan yang mengandung fitoestrogen  seperti kacang-kacangan, produk olahan kacang kedelai seperti tahu dan tempe.
    4. Menggunakan bra khusus (push up bra) untuk mengangkat payudara dan membuat payudara tampak lebih besar

    Bila anda hendak memperbesar payudara anda secara bedah, anda juga dapat berkonsultasi dengan dokter bedah plastik untuk dilakukannya operasi rekonstruksi payudara.

     

    Sekian informasi dari saya, semoga menjawab

     

    dr. Irna Cecilia