Tanya Dokter

  • konsumsi makanan yang merangsang pembentukan kolagen

  • Tulang dan sumsum kaki sapi yg dipresto selama 30 jam dan dibuang lapisan lemaknya setelah saya Periksakan ke laboratorium kesehatan Politeknik Jember terdapat prosentase Protein sebesar : 82,55 %. Selama +/- 4 bln saya konsumsi 1 - 2 gelas per hari Keluhan yg saya rasakan selama ini antara lain : - nyeri persendian kaki dan tangan - nyeri pinggang - rasa payah dan lemas - kulit pecah2 dan kering Semuanya itu tidak terasa lagi, badan terasa segar, klulit terasa lembab, nyeri2 hilang semuanya. Pertanyaannya : Apakah betul kaldu tsb ada kandungan KOLAGEN dan dimana kami bisa memeriksakan adanya kandungan kolagen tsb. Tetimakasih Hari Soetjahjo 68 th.

    Halo Pak Hari,

    Kolagen adalah protein utama yang terdapat pada tulang, sendi, tulang rawan dan jaringan ikat. Banyak sekali manfaat kolagen, diantaranya menyatukan sel-sel dan jaringan sehingga terhubung sangat kuat, meregenerasi sel, hingga melingungi organ dalam.

    konsumsi makanan yang tinggi itamin A, vitamin C, tembaga dan proline dapat merangsang pembentukan kolagen. Misal pada minyak ikan, brokoli, tomat, stroberi, susu, daging sapi, kentang,dan jeruk. 

    sayangnya belum tersedia penelitian yang velid mengenai hubungan bone broth (kaldu dari tulang) dengan penyembuhan nyeri akibat radang tulang atau sendi.  berdasarkan penjelasan anda, keluhan yang anda alami dapat disebabkan oleh faktor degenerasi atau penuaan, radang sendi serta pengapuran tulang pinggang. Namun perlu pemeriksaan langsung oleh dokter untuk memastikannya.

    pemeriksaan kandungan kolagen yang ada pada kaldu tersebut dapat diperiksa di Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) dengan catatan tersedianya reagen untuk oemeriksaan kandungan kolagen. Anda dapat mengeceknya dengan menghubungi pihak BPOM.

    daftar makanan yang mengandung kolagen

    demikian semoga bermanfaat ya

    dr. Laras