Tanya Dokter

  • Keamanan eyelash extension pada ibu hamil

  •  Olivia Liona
    Anggota

    Halo dok. Saya mau tanya, aman kah melakukan eyelash extension untuk ibu hamil? Apakah ada pengaruhnya untuk janin yang dikandung?

    Olivia Liona  dr. Danny
    Dokter

    Hai,

    Pada ibu hamil perlu diperhatikan benar apa yang boleh dan yang tidak berkaitan dengan keamanan untuk bayi yang sedang dikandungnya, terutama dalam makanan atau minuman yang diminum. Perlu diperhatikan pula dalam penggunaan krim-krim tertentu atau perawatan kecantikan tertentu apakah aman atau tidak. Untuk eyelas extension sendiri dimana proses yang dilakukan adalah penempelan pulu mata buatan pada bagian kelopak mata sebenarnya tidak berbahaya atau aman, tetapi pelu diperhatikan pula bahan perekat yang digunakan. Hati-hati juga terhadap bahan kimia yang digunakan walaupun penggunaan bahan perekat sangatlah minim, sehingga lebih cenderung aman. 

    Anda perlu berhati-hati jika ingin melakukan pewarnaan rambut, atau pelurusan rambut dsb pada saat hamil, karena pada prosesnya menggunakan bahan kimia yang diserap kulit, memang belum ada penelitian khusus tapi sebaiknya tidak dilakukan seasa kehamilan karena dapat beresiko akibat paparan bahan kimia tersebut. Begitu pula untuk penggunaan krim wajah dan perawatan wajah lainnya seperti peeling sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter spesialis kulit apakah produk yang Anda gunakan aman. Karena banyak kandungan dari produk kecantikan yang berbahaya pada ibu hamil seperti retinoid, salicyl, dan sejenisnya.

    Perhatikan pula asupan gizi yang Anda makan untuk perkembangan pertumbuhan janin dalam kandungan, hindari makanan siap saji atau yang menggunakan pengawet, penuhi kebutuhan vitamin tambahan yang diperlukan seperti asam folat, dha, dsb. Lakukan kontrol pemeriksaan kehamilan sesuai waktu yang dianjurkan, atau jika ada keluhan. berikut artikel yang dapat Anda baca pemeriksaan kehamilan, produk kecantikan yang diwaspadai saat hamil

    semoga bermanfaat, terimakasih

    dr. Danny