Tanya Dokter

  • Flek setelah usg transvaginal saat hamil muda

  •  Cicik R
    Anggota
    Dok sy barusaja usg uk 6w, hsil usg bagus smua. djj sudh trdengar. periksa lwat transvaginal. pulang usg lsg ngeflek, sbelumnya gk prnah ngflek. Bahayakah dok? ini sy mau lsg usg lg tp capek wira wiri, mual-mual juga.

    Hai Cicik,

    Terimakasih telah bertanya ke Alodokter.

     

    Pada wanita hamil dengan usia kehamilan yang masih sangat muda (di bawah 10 minggu), seringkali sulit mengevaluasi kehamilat melalui USG abdomen saja. Hal ini dikarenakan ukuran janin yang masih sangat kecil. Untuk itu, bisa dilakukan USG transvaginal agar didapatkan pencitraan yang lebih jelas, misalnya pada ibu dengan kegemukan (obesitas). Pada pemeriksaan USG transvaginal ini pula bisa dipantau detak jantung janin, perubahan pada serviks, gangguan plasenta (ari-ari), kemungkinan hamil ektopik, penilaian faktor risiko keguguran, evaluasi perdarahan abnormal, dan sebagainya.

    Secara umum, USG transvaginal aman dilakukan selama hamil apabila memang ada indikasi medis yang tepat. Adapun flek yang Anda alami mungkin saja berkaitan dengan prosedur USG ini. Namun, selama flek terjadi sekali saja dalam jumlah yang minimal, tanpa disertai nyeri perut atau sekitar kemaluan, kemungkinan kondisi yang Anda alai tidak berbahaya.

    Anda perlu waspada dan memeriksakan diri langsung ke dokter bila didapati flek berulang, perdarahan banyak bergumpal-gumpal, disertai nyeri perut yang cukup hebat ya.. Dikhawatirkan, kondisi ini terjadi akibat keguguran (abortus imminens dan insipiens), atau iritasi organ reproduksi, misalnya akibat cidera, hubungan seksual, dan sebagainya. Pada kondisi ini, dokter bisa melakukan USG ulang untuk menilai tatalaksana yang tepat.

    Saat ini, perbanyak dulu beristirahat dan jangan berpikir macam-macam, Makan dan minum yang cukup, serta hindari dulu hubungan seksual selama masih keluar flek dari vagina.

    Semoga membantu ya..

     

    se. Nadia Nurotul Fuadah