Tanya Dokter

  • penyebab dan mengatasi berkurangnya gairah seksual

  • Assalamualaikum dok,sy menikah sudah jalan mau 5 tahun,mempunyai anak dua. Suami saya bilang klo semenjak punya anak dua jadi frekuensi hub.ga terlalu nafsu seperti dulu masih punya anak satu,itu kenapa ya dok penyebabnya?

    Halo Rena,

    Terima kasih atas pertanyaannya. Berkurangnya gairah seksual dapat terjadi pada siapapun baik pria maupun wanita. Gejala ini dapat disebabkan oleh faktor fisik maupun psikologis. Seseorang dapat memiliki gairah seksual yang berkurang karena:

    • masalah psikologis misalnya cemas, depresi, hubungan yang tidak harmonis dengan pasangan, stres akibat masalah pekerjaan atau sosial
    • kondisi fisik misalnya kelelahan, sedang sakit, atau mengalami kondisi medis tertentu

    Kurangnya waktu berdua bagi Anda dan suami (misalnya karena mengurus anak) juga dapat memperngaruhi gairah seksualnya. Silakan Anda coba berdiskusi dengan suami mengenai apa yang dirasakan oleh suami Anda, mungkin saja hal ini lebih disebabkan oleh masalah psikologis. Coba bantu suami untuk mengatasi masalah psikologis yang mungkin sedang dihadapi misalnya mengenai pekerjaan. Diskusikan juga rencana untuk bepergian berdua agar dapat lebih membangun keintiman Anda berdua. Sarankan suami Anda untuk berkonsultasi dengan dokter jika suami Anda memiliki keluhan fisik lainnya.

    Semoga informasi ini berguna.

    Dr. Aloisia