Tanya Dokter

  • gagal ginjal

  • Dok mau tanya gimana ya cara merawat orang yang terkena gagal ginjal dok,sudah dibawa kedokter tp todak bisa cuci darah karna kondisi terlalu lemah.si ibu pun sudah tidak mau diajak dan dirawat dirumah sakit.mohon bantuannya dok

    Salam,

    Pada pasien yang diindikasikan untuk mendapatkan penanganan dengan hemodialisa, bila kondisi pasien tidak stabil dan beresiko,maka hal ini dapat menjadi kontra indikasi bagi tindakan hemodialisa.Oleh karena itu, peningkatan kondisi umum pasien diperlukan untuk mendukung proses tindakan hemodialis untuk mencegah resiko tindakan ini. Adanya kondisi klinis lain juga dapat menjadi kontraindikasi tindakan hemodialisa, seperti under nutritioan,infeksi, atau pasien tidak kooperatif.

    Bila kondisi pasien lemah,maka perlu kiranya dilakukan perawatan langsung oleh dokter penyakit dalam untuk meningkatkan kondisi umum pasien. Sehingga proses hemodialisa dapat direncanakan.

    Oleh karena itu, dukungan,optimisme, memberikan semangat untuk orang tua Anda, serta keikhlasan orang tua Anda untuk berusaha untuk perawatan perlu menjadi pertimbangan bagi Anda, keluarga, khususnya untuk pasien atau ibu Anda. Dengan pendekatan personal yang baik, serta dukungan yang positif, maka diharapkan ibu Anda akan lebih memahami dan mau untuk mengikuti rencana dokter.

    Untuk perawatan pasien dengan gagal ginjal,kondisi ini perlu kiranya dilakukan pengawasan lagsung oleh tenaga medis yang merawat ibu Anda. Hal ini diperlukan, karena dokter atau tenaga medis lainnya lebih mengetahui kondisi klinis ibu Anda dan langkah perawatan untuk ibu Anda.

    Secara umum, perawatan pasien dengan gagal ginjal perlu memperhatikan inatake cairan dan makanan yang dikonsumsi. Pembatasan cairan dan menghindari makanan dengan kadar natrium dan kalium tinggi dapat menjadi perhatian. Selain itu,meghindari kebiasaan rokok,alkohol, perubahan pola diet.

    Lebih dari itu,konsultasikan langsung dengan dokter penyakit dalam serta dokter ahli gizi medis di rumah sakit yang merawat ibu Anda sebelumnya.

    Demikian info yang bisa kami sampaikan, baca juga hemodialisa.

    dr.Ulfi