Tanya Dokter

  • Sudah 5 tahun mudah merasa lelah dan perut kembung

  •  Rahmat
    Anggota

    Assalamualaikum.. Dok. Saya rian mau bertanya nih, kenapa sudah hampir 5 tahun sy sering gampang capek dan ketika capek perut terasa kembung hingga kayak sesak nafas akhirnya aktifitas saya sekarang sangat terbatas, apalagi sekarang saya hindari kegiatan saya yg bisa memicu rasa capek.sdh berapa kali saya konsultasi ke dokter hingga beberapa poli saya masuk semua normal.EKG jantung juga normal. Kira penyakit saya apa dok ?

    Hai Rahmat,

    Terimakasih telah bertanya ke Alodokter.

     

    Mudah lelah dan perut kembung kemungkinan terjadi akibat sindroma dispepsia, yakni sekumpulan gejala yang muncul berkaitan dengan naiknya asam lambung. Kondisi ini kerap kali memang tidak diketahui dengan jelas pemicunya. Oleh karenanya, dalam ranah medis, dokter kerap menyebutnya dengan dispepsia fungsional. Hal inilah yang mungkin menyebabkan tidak ditemukannya kelainan yang berarti saat Anda menjalani pemeriksaan dokter.

    Ada berbagai mekanisme yang diduga mendasari timbulnya sindroma dispepsia, di antaranya gangguan motilitas saluran cerna, oversensitifitas saluran cerna terhadap asam lambung, peningkatan produksi asam lambung, stres, dan juga infeksi bakteri Helicobacter pylori. Akibat kondisi di atas, akan muncul berbagai keluhan, tidak hanya kembung, namun bisa juga mual, perih, sesak, mengganjal, kenyang, dan sebanyainya. Karena itu, penderita sindroma dispepsia kerap juga mengalami penurunan nafsu makan. Hal ini bisa menyebabkan Anda merasa lemas, mudah lelah, dan tidak semangat akibat asupan nutrisi yang tidak adekuat.

    Selain sindroma dispepsia, masih banyak kemungkinan kondisi yang bisa melandasi keluhan Anda, misalnya gangguan psikosomatis (keluhan fisik yang diperberat oleh tekanan psikologis), gastritis (radang mukosa lambung), tukak lambung (luka bergaung di dinding lambung), kolangitis (radang empedu), kolelitiasis (batu empedu), kanker lambung, infeksi virus atau bakteri, dan sebagainya.

    Tentu, masing-masing kondisi di atas tidak bisa dibedakan hanya berdasarkan konsultasi online seperti ini. Bila Anda sebelumnya sudah sering memeriksakan diri ke dokter namun tidak ditemukan kelainan yang berarti, maka Anda bisa coba dulu lakukan cara alami sebagai berikut guna mengatasi keluhan Anda:

    • Berolahraga dengan teratur setidaknya 3 kali dalam seminggu
    • Makan dengan disiplin, jangan terlambat
    • Bila terasa kembung, kurangi makanan yang berpotensi memicu produksi banyak gas, misalnya makanan pedas, bersantan, kafein
    • Jauhi stres
    • Hindari konsumsi obat sembarangan
    • Tidur yang cukup
    • Jauhi rokok dan alkohol
    • Kompres perut yang kembung menggunakan air hangat

    Jika Anda merasa sudah menjalani upaya di atas secara optimal namun keluhan tidak juga membaik dalam 1 hingga 2 minggu, sebaiknya Anda memeriksakan diri kembali ke dokter spesialis penyakit dalam supaya dilakukan evaluasi menyeluruh, misalnya melalui tes laboratorium, rontgen, USG, dan sebagainya ya..

    Semoga membantu.

     

    dr. Nadia Nurotul Fuadah