Tanya Dokter

  • Solusi atasi kondisi tidak mampu mengontrol emosi

  • Halo dok, sy karyawan swasta wanita 23 tahun telah menikah dan memiliki 1 anak.. 
    dulu saya pernah jatuh dan terbentur sangat keras di kepala, sejak saat itu saya tidak mampu mengontrol emosi saya, kalau marah saya berteriak2, bertingkah layaknya orang tidak waras dan kadang menyakiti diri sendiri.. 
    apakah saya perlu untuk konsultasi dengan psikiater dok ? krna semakin lama keadaan ini semakin mencemaskan saya.. kadang sy pikir bahwa saya benar2 telah mengalami gangguan kejiwaan.. namun saya juga tidak dapat bercerita tentang masalah saya pada siapapun krna sy selalu merasa itu tidak akan merubah apapun atau sy tidak percaya pada siapapun..

    Hai Menthari. Kondisi yang anda alami dimana anda mengalami perubahan perilaku, tidak mampu mengontrol emosi, dan apalagi sampai menyakiti diri sendiri dapat disebabkan oleh depresi, kecemasan, ataupun gangguan kepribadian. Faktor resikonya sendiri umumnya adanya peristiwa yang traumatik, riwayat keluarga, lingkungan yang tinggi stres, trauma kepala. Pada trauma sendiri, akibat dari trauma yang mengenai daerah yang mengatur emosi. Hal ini dapat merubah fungsi otak terutama berkaitan dengan zat yang bernama neurotransmitter. Oleh karena perubahan ini, maka menyebabkan otak tidak mampu mengendalikan emosi. Namun bisa juga oleh karena faktor resiko lain yang muncul bersamaan dengan paska trauma. 

    Konsultasikan dengan dokter anda terutama psikiater untuk menilai kondisi yang anda alami untuk informasi lebih lanjut. Hal ini penting mengingat anda pernah menyakiti diri sendiri. Jangan biarkan kondisi ini terus terjadi karena efek jangka panjang yang dapat menyebabkan skizofrenia atau bahkan bunuh diri. Jika sampai adanya keinginan bunuh diri, maka anda harus segera berkonsultasi dengan dokter agar cepat mendapatkan pertolongan. Jaga pola hidup sehat terutama dengan menjaga makanan yang anda makan, olahraga teratur, istirahat cukup. Kelilingi hidup anda dengan orang yang dapat memberikan energi positif pada anda. Semoga bermanfaat dan terima kasih. Salam, dr Alyssa