Tanya Dokter

  • Telinga bengkak dan keluar cairan setelah ditetesi chloramphenicol

  •  Julie
    Anggota

    Dok, awalnya telinga saya ditetesi obat tetes telinga "chloramphenicol" dgn maksud membersihkan telinga saya karena kotoran telinga yg keras susah dikeluarkan. 1 hari kemudian daun telinga saya bengkak dan keluar cairan bening tidak berbau namun cairannya agak licin terkadang bekasnya cepel/sedikit lengket. Saya bingung dok sebenarnya apa yg saya alami?

    Julie  Julie
    Anggota

    Saya juga sempat mengalami bersin2, sekarang sudah terhitung hari ke 2 sejak saya pakai obat tetes telinga. Cairan bening itu sendiri keluar semakin banyak saat saya bangun tidur dan sekarang telinga saya terasa penuh seperti yg dirasakan saat sedang pilek. Tepatnya telinga sebelah kiri, dan saya pun mengalami sakit mata bagian kiri. Sebenarnya apa yg saya alami, apakah perlu penanganan yg serius?

    Hai Julie Cairan yang keluar dari telinga disertai bengkak, nyeri dan adanya gejala pilek sebelumnya kemungkinan disebabkan adanya infeksi telinga tengah yang diakibatkan penjalaran dari infeksi saluran pernapasan atas. Keluarnya cairan dari telinga akibat dari berlubangnya gendang telinga. Untuk lebih pasti diperlukan pemeriksaan langsung pada dalam telinga oleh dokter spesialis THT. Penanganan yang diperlukan adalah dengan pencucian telinga, antibiotik dan obat-obatan alergi dan peradangan. Jika gendang telinga sudah berlubang biasanya ada kemungkinan terjadi infeksi ulang dan menjadi kronis. Berikut diskusi mengenai keluar cairan telinga dapat Anda ikuti pada komunitas kami sebelumnya: Cara mengatasi telinga yang berair. Dan mengenai infeksi telinga tengah dapat Anda baca pada artikel berikut: Otitis media. Semoga membantu ya. Terima kasih. dr.Yan william    

    Julie  Lie Sunkwang
    Anggota

    Malam dok apa sebab daun telinga bagian bawah bengkak kanan kiri..trims