Tanya Dokter

  • Pandangan tampak buram disertai mata merah

  •  aiyaiy
    Anggota

    dokter, jadi tiba-tiba mata saya di sebelah kanan kalau melihat seperti ada kabut/asap yang menutupi, diikuti dengan mata merah dan kalau melihat lampu seperti ada lingkaran pelanginya. sebelumnya saya tdk pake kacamata, tapi mata kiri saya minus 2. kira2 itu tanda2 penyakit serius atau saya yg sudah harus pake kacamata? makasiih :)

    Halo,

    Keluhan seperti Pengelihatan seperti buram tertutup asap/kabut, rasa silau atau seperti melihat pelangi, mata memerah, kemungkinan merupakan gejala Glaukoma (peningkatan tekanan cairan bola mata), Katarak (lensa mata memburam), atau penyakit infeksi pada mata seperti Keratitis (radang kornea).

    Disarankan untuk segera memeriksakan diri ke dokter spesialis mata, dokter akan melakukan pemeriksaan langsung keadaan luar mata serta melakukan pemeriksaan tekanan bola mata juga pemeriksaan keadaan organ mata bagian dalam (oftalmoskopi, funduskopi). Dokter akan memberikan pengobatan sesuai penyebab, seperti pada glaukoma untuk menurunkan tekanan bola mata dengan tetesan dan minum, namun bila keadaan membahayakn pengelihatan makan dokter akan menyarankan rawat inap dan operasi. Pada keadaan katarak disarankan untuk operasi dan pemasangan lensa buatan. Pada infeksi dokter akan memberikan pengobatan antibiotik khusus dan tambahan beberapa obat lainnya seperti kortikosteroid dan antihistamin.

    Waspadai bila bagian tengah bola mata (korea) memburam, mata memerah dan nyeri berdenyut harus segera mendapat penanganan dokter sebab berpotensi membuat kebutaan.

    Yang dapat dilakukan dirumah seperti hindari mengucek bola mata bila gatal. Gunakan kacamata saat berpergian untuk melindungi mata dari kuman dan debu dari luar. Makanlah makanan bergizi dan cukup istirahat. Hindari melihat LCD (Tv, komputer, Hp) terlalu lama atau membaca ditempat yang pencahayaan kurang. smeoga bermanfaat