Tanya Dokter

  • penyebab dan mengatasi gangguan psikologi

  •  Nagita0503
    Anggota
    Selamat malam dokter, saya ingin bertanya. Kebetulan saat ini saya duduk di bangku SMA kelas 2. Saat saya kelas 2 SMP, saya pernah mengalami skizofrenia yang disertai dengan lupa ingatan terhadap peristiwa tertentu (saya lupa nama penyakitnya). Sebetulnya itu semua sudah sembuh, tapi beberapa hari terakhir saya sering merasa tidak sadarkan diri. Saat saya sadar, orang-orang disekitar saya mengatakan kalau saya terus menerus menangis dan mengatakan bahwa saya seharusnya masih SMP. (saat saya merasa tidak sadar) kemudian saat mereka tanya soal kejadian masa SMP saya bisa menjelaskan dengan runtut dan detail seperti itu baru terjadi kemarin. Tapi saat saya kembali tersadar saya bahkan hampir tidak bisa mengingat kejadian yang dialami saya saat SMP. Kira-kira kenapa bisa begitu ya dok? Terimakasih banyak sebelumnya.

    Selamat pagi, terima kasih telah bertanya di Alodokter. Kondisi tidak sadarkan diri yang Anda sebutkan kemungkinan besar adalah trance. Trance paling mudah digambarkan dengan keadaan seperti terhipnotis. Saat seseorang dalam keadaan trance, ia tidak akan sadar akan apa yang dilakukan dan dapat mengingat apapun yang pernah terjadi dalam hidupnya karena sebenarnya otak tidak pernah melupakan apapun. Otak selalu mengingat apa yang pernah dilihatnya walaupun sekelebat, namun tidak semua orang selalu bisa mengambil ingatan tersebut kembali secara sadar. Kondisi trance mampu mengangkat kembali ingatan yang terkubur itu.

    Psikiater dan psikolog memanfaatkan kondisi trance ini untuk menyelesaikan beberapa masalah kehidupan klien dengan metode hipnoterapi, tapi bukan berarti kondisi trance tidak dapat terjadi tanpa bantuan ahli. Dalam beberapa momen kehidupan, kadang seseorang masuk ke dalam kondisi trance tanpa sadar. Seperti ketika sedang mengemudi lalu tiba-tiba pikirannya mengawang jauh, atau ketika sedang terbuai musik saat akan tidur.

    Pada kondisi Anda, kondisi trance Anda mungkin erat kaitannya dengan riwayat skizofrenia yang Anda miliki. Salah satu gejala skizofrenia adalah depersonalisasi dimana seseorang merasa terpisah dari tubuhnya sehingga bisa saja menimbulkan perasaan tidak sadarkan diri seperti yang Anda rasakan.

    Bagaimanapun, saran kami adalah untuk mengonsultasikan ini kembali ke Psikiater Anda, karena mungkin kondisi ini membutuhkan pengobatan untuk sementara waktu. Sementara itu coba Anda introspeksi diri Anda, adakah benang merah dari kondisi Anda saat trance. Apakah ada kesamaan kondisi ketika trance itu muncul, apakah Anda membicarakan suatu topik yang sama ataukah Anda merasa ada masalah yang belum terseleikan di masa lalu. Informasi akan hal-hal ini akan sangat berguna bagi Psikiater Anda. Semoga Anda dan keluarga sehat selalu.

    Sekian, semoga membantu.

    dr. Amadeo D. Basfiansa