Tanya Dokter

  • Sakit pinggul, kaku dan sulit berjalan

  •  zizialmira
    Anggota
    Ass dokter,saya penderita skoliosis ringan umur saya 22 tahun.4 tahun lalu saya mengalami kecelakaan dengan posisi jatuh miring ke kanan. Setelah beberapa tahun kemudian saya merasakan sakit di bagian pinggul dan kaki yg terkadang kaku,kesemutan,sampai sulit berjalan.kalau kondisi saya tidak sehat saya merasakan keluhan tsb kadang saya rasakan pada mens hari pertama.sakitnya luar biasa.apakah tulang belakang saya ada gangguan lain selain skoliosis?

    Wa alaikumsalam Zizi, terima kasih telah bertanya di Alodokter. Skoliosis adalah kondisi dimana tulang belakang tidak memiliki arah yang lurus sebagaimana mestinya. Tergantung derajat keparahannya, skoliosis pada tulang belakang bisa begitu parah hingga menyerupai huruf "S". Skoliosis yang ringan umumnya tidak menimbulkan gejala, namun seiring dengan bertambahnya keparahan, skoliosis bisa memunculkan:

    • Sesak napas
    • Ketidakseimbangan tinggi pundak
    • Nyeri punggung
    • Perubahan postur
    • Salah satu tulang belikat lebih menonjol

     

    Sehingga pada kasus Anda, kaku dan kesemutan pada kaki serta gangguan pada menstruasi bukanlah termasuk gejala yang ditimbulkan oleh skoliosis, bahkan yang parah sekalipun. Kaku dan kesemutan pada kaki sendiripun biasanya tidak berhubungan dengan nyeri hebat pada menstruasi hari pertama. Maka saran kami adalah memeriksakan diri Anda, mulai dari gejala yang paling mengganggu terlebih dahulu. Sementara itu, sebaiknya Anda membatasi aktivitas Anda khususnya yang memerlukan Anda untuk mengangkat berat atau banyak berjalan. Untuk skoliosis Anda, biasanya skoliosis ringan dapat dikoreksi menggunakan korset, tapi keputusannya tetap pada dokter yang merawat Anda. Semoga Anda dan keluarga sehat selalu.

    Sekian, semoga membantu.

    dr. Amadeo D. Basfiansa