Tanya Dokter

  • Gatal disertai ruam kemerahan pada kulit

  •  Askadimega
    Anggota

    Halo dok, saya mengalami gatal2 yang awalnya saya kira biduran karena alergi, tapi tak kunjung hilang. Di paha saya awalnya ada bercak merah rasanya gatal, saya beri caladine untuk meredakan gatal, gatalnya hilang tapi tidak dengan bekasnya, lalu karena saya kira ini kudis/scabies, saya kasih kalpanax krim, sekitar 2 minggu saya kasih, rasa gatal sudah agak menghilang namun saat malam terkadang agak gatal walaupun sedikit, tapi bekasnya belum hilang justru terlihat gelap dari kulit sekitarnya dan sedikit kasar, dan sekarang malah tangan saya juga kena, tapi tidak separah di paha, dan begitu saya kasih caladine, daerah gatal di tangan sudah lumayan menghilang tapi masih terlihat bentol-bentol samar, kira2 kenapa ya dok? 

    Askadimega  dr. Devika Y
    Dokter

    Halo Askadimega,

    Keluhan gatal disertai ruam kemerahan bisa disebabkan karena banyak hal dan cukup bisa dibedakan dari pemeriksaan fisik dan anamnesis, misalnya bentuk ruam, keluhan selain gatal, kekambuhan gatal. Beberapa penyebab ruam merah disertai gatal diantaranya yaitu:

    • Biduran / urtikaria: gatal menyengat, kambuh ketika ada pemicu, termasuk pada kondisi alergi dingin, alergi makanan, alergi obat
    • Eksim atopik: umumnya bersifat kambuhan, bisa terjadi keluhan ruam kemerahan, gatal, disusul kulit kering dan mengelupas
    • Infeksi jamur / tinea: ruam berbatas tegas, bagian luar lebi tebal dibanding tengah, seperti cincin, semakin gatal jika berkeringat
    • Dermatitis kontak: kambuh bila kulit berkontak dengan zat alergen atau iritan, membaik jika kontak dihentikan
    • Kudis: gatal semakin terasa saat malam hari, bisa menyebar ke seluruh tubuh, dan seringkali menular pada orang yang tinggal sekamar atau serumah
    • Impetigo: karena infeksi bakteri
    • Neurodermatitis: jika digaruk akan semakin gatal
    • Gigitan serangga

    Untuk memastikan suatu keluhan pada kulit akan sulit dilakukan tanpa melihat secara langsung. Oleh sebab itu saya sarankan agar Anda memeriksakan diri ke dokter supaya bisa dilakukan pemeriksaan secara langsung bila perlu dilakukan tes kerokan kulit untuk memastikan penyebab gatal dan ruam kemerahan yang Anda alami. Jika penyebabnya sudah dipastikan, Anda akan bisa diberikan penanganan yang lebih tepat sesuai dengan penyebabnya.

    Sementara itu tindakan memberikan lotion atau bedak berisi calamine sudah tepat. Calamine bisa mengurangi keluhan gatal. Sementara itu obat oles yang Anda gunakan mengandung obat antijamur. Obat ini bisa digunakan untuk mengatasi ruam akibat infeksi jamur / tinea di kulit.

    Perlu diketahui bahwa jika benar ruam disebabkan karena infeksi jamur, setelah pengobatan dengan antijamur selama 2 minggu memang terkadang masih menyisakan bekas gelap di kulit. Bekas gelap kehitaman ini dinamakan hiperpigmentasi. Bekas kehitaman bisa memudar seiring waktu. Jika memang mengganggu bisa diberikan lotion yang mengandung zat pencerah setelah dipastikan infeksi jamurnya benar-benar sembuh. Dokter juga bisa melakukan tindakan tambahan untuk menyamarkan bekas kehitaman bila diperlukan, misalnya chemical peeling dan laser.

    Untuk saat ini Anda bisa berkonsultasi dulu dengan dokter supaya lebih jelas kondisi kulitnya, baik itu di bagian bekas kehitaman, maupun di tangan. Anda bisa memakai lotion calamine dulu untuk mengurangi gatalnya. Selanjutnya Anda bisa menggunakan salep ataupun krim yang diresepkan oleh dokter sesuai dengan penyebab gatal dan ruam ya.

    Berikut ini artikel yang berhubungan dengan topik pertanyaan Anda:

    Kulit gatal
    Ruam kulit

    Terimakasih dan semoga membantu,

    dr. Devika Y