Tanya Dokter

  • gatal di bagian jari tangan

  •  Ary Hidayat
    Anggota

    hallo dok,, jari saya terkena radang karena gatal gatal.. dan ketika saya garuk, bukannya mengeluarkan darah tapi mengeluarkan cairan bening.. penyakit ini sudah lama saya derita udh hampir satu tahun. saya pernah 2 kali berkonsultasi dg dokter, tp cuma sembuh ketika di obati. tapi rasa gatal itu tdk hilang, pas di garuk luka itu terjadi lagi.. pernah suatu ketika membaik, karena di olesi salep warung,, tapi sama seperti tadi karena gatal menyerang lagi lalu saya garuk, luka itu ada lagi.. mohon penjelasannya dok, sebenarnya apa yg penyebab penyakit saya itu? an obat apa yg bagus utk penyakit seperti ini?

    Halo Pak, Sebelumnya bolehkah saya mengetahui apakah pekerjaan Bapak? Dan apakah pekerjaan bapak sehari-hari berhubungan dengan zat iritan atau kimia tertentu? Mengingat keluhan ini sudah berlangsung lama dan selalu timbul kembali setelah pengobatan dihentikan, maka perlu dipikirkan kemungkinan keluhan Anda disebabkan oleh dermatitis kontak. Dermatitis kontak merupakan peradangan pada kulit yang disebabkan karena adanya kontak dengan zat iritan secara terus menerus dalam jangka waktu lama. Keluhan yang sering timbul adalah kulit gatal, kemerahan, kadang menimbulkan luka, kulit seperti melepuh, dll. Zat iritan yang dapat memicu terjadinya keluhan ini adalah sabun cuci atau detergent, air accu, pemutih, alkohol, dll. Kulit penderita dermatitis kontak akan mengalami perbaikan jika penderita sudah dapat menghindari zat yang dicurigai sebagai pemicunya. Dengan pemberian obat yang tepat, maka keluhan akan pulih dengan sepenuhnya. Silahkan Anda menemui dokter spesialis kulit untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut. Anda dapat mencari pendapat kedua ke dokter lain bila diperlukan. Beberapa hal yang dapat Anda lakukan :

    • Hindari zat yang diduga mencetuskan keluhan Anda
    • Gunakan pelindung tangan bila mencuci atau melakukan pekerjaan
    • Hindari menggaruk area yang gatal
    • Langsung mencuci kulit dengan air yang mengalir jika terpapar bahan kimia
    • Meminum obat pereda gatal seperti CTM
    Silahkan menyimak diskusi berikut tentang pengobatan untuk dermatitis Semoga membantu Pak, dr. Tri

    Ary Hidayat  Ary Hidayat
    Anggota

    setiap harinya saya menjaga toko kelontongan. saya juga sering memakai sabun mandi baik itu saat mandi atau saat cuci tangan. apakah mungkin itu penyebab gejala itu terus timbul? apakah saya harus mandi tanpa memakai shampo dan sabun mandi? dan apakah salep Chloramfecort-h bagus utk pengobatan penyakit saya? soal nya ada yg menyarankan utk memakai obat itu.

    Halo, Sebaiknya bapak memilih shampoo dan sabun yang hipoalergenik, tanpa mengandung pewangi dan pemutih. Salep tersebut boleh saja digunakan. Tetapi bila keluhan terus berlanjut, sebaiknya bapak mengunjungi dokter kembali. Salam, dr. Tri

    Ary Hidayat  Ary Hidayat
    Anggota

    kalau boleh tau sabun dan sampo yg hipo alergenik itu contohnya seperti apa?