Tanya Dokter

  • Penyebab gatal pada kulit testis hingga kulit menabal dan bersisik

  • Dok,saya mengalami gatal pda kulit testis/skrotum sebelah kiri.dengan kondisi kulit menebal dan saat bangun tidur timbul sisik.Sejauh ini blm konsultasi dokter scr langsung sebab malu sayanya.Saya cari2 info mungkin terkena dermatitis.Saat ini saya oleskan salep racikan gatal jamur dr apotek tiap pagi dan mlm.Apakah dgn pemberian salep tersebut bisa berangsur sembuh? Apakah kasus saya mempengaruhi reproduksi seperti mandul?
    Muhammad Saiful  Arief Tri
    Dokter

    Halo Saiful, terima kasih sudah bertanya di Alodokter

    Gatal pada area kelamin dapat menganggu aktivitas sehari-hari. Gatal yang anda rasakan pada kulit testis dapat disebabkan oleh beberapa kondisi, antara lain:

    • Infeksi jamur atau dalam bahasa medis disebut dengan “tinea”. Penyakit tinea ini ada bermacam-macam. Penyebab dari infeksi ini sama yaitu jamur, yang membedakan hanya lokasinya saja. Jamur yang terjadi pada area kelamin dan bokong disebut dengan tinea cruris. Keluhan yang dirasakan umumnya berupa bercak berwarna merah yang berbentuk lingkaran disertai rasa gatal, selain itu juga dapat menimbulkan kulit yang terinfeksi menjadi bersisik atau mudah terkelupas.
    • Peradangan pada kulit atau dikenal dengan “dermatitis” merupakan suatu kondisi peradangan pada kulit yang disebabkan akibat zat tertentu. Keluhan yang dirasakan berupa gatal, bercak kemerahan, kulit kering, bersisik, menebal, kulit kering, bersisik.
    • Kutu pada kemaluan atau scabies. Keluhan yang dirasakan berupa gatal terutama pada malam hari, kadang menimbulkan bercak pada kulit dan keropeng.
    • Penyakit menular seksual seperti herpes genital. Kondisi ini umumnya ditularkan melalui hubungan seksual. Keluhan yang dirasakan berupa luka melepuh berwarna kemerahan dan terasa nyeri sekitar area kelamin.

    Pemberian salep yang anda gunakan dapat menyembuhkan, namun juga bisa tidak. Tergantung dari penyebab keluhan yang anda rasakan. Salep yang anda gunakan hanya untuk mengobati jamur, tidak dapat mengobati infeksi yang lain seperti dermatitis. Sehingga disarankan untuk tetap memeriksakan diri ke dokter agar dokter dapat melakukan pemeriksaan lebih lanjut dan memberikan penanganan yang tepat. Selama infeksi hanya terjadi dipermukaan kulit saja, tidak akan mempengaruhi tingkat kesuburan anda.

    Beberapa saran yang dapat anda lakukan dirumah antara lain:

    • Gunakan pakaian dalam yang tidak ketat dan dapat menyerap keringat atau terbuat dari katun. Ganti celana tersebut minimal satu kali/hari
    • Hindari menggaruk kemaluan yang gatal
    • Jika gatal yang dirasakan semakin berat, anda dapat mengkompresnya dengan air dingin
    • Hindari menggunakan sabun yang mengandung parfum
    • Apabila ingin berhubungan seksual dengan pasangan, dianjurkan menggunakan kondom.

    Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat

    dr. Arief T.W