Tanya Dokter

  • Penyebab gatal di hidung saat makan

  •  Arin Chaniago
    Anggota

    Assalamualaikum dok,kenapa saat makan apa saja saya selalu mengalami gatal pada hidung, dan saat saya selesai makan maka secara perlahan gatalnya mulai hilang, Gatal nya itu benar-benar mengganggu dok, itu penyebabnya apa ya dok, dan adakah obat yg dpat membantu agar saya tidak merasa gatal lagi saat makan dok? Mohon penjelasannya dok. Makasih sebelumnya dok, wassalam

    Arin Chaniago  dr. Budiono
    Dokter

    Hai Arin,

    Timbulnya rasa gatal pada hidung kemungkinan disebabkan akibat reaksi alergi, baik aroma makanan yang dihirup atau makanan yang dikonsumsi tersebut. Hal ini dapat terjadi akibat kondisi hidung yang terlalu sensitif. Beberapa jenis makanan juga cenderung memicu timbulnya alergi misalnya makanan laut, telur, kacang-kacangan, dsb. Sebaiknya anda memperhatikan makanan apa yang lebih menyebabkan gatal dibanding yang lainnya kemudian hindari konsumsi makanan tersebut.

    Selain akibat alergi makanan , hidung gatal juga dapat diakibatkan alergi udara atau debu, kondisi flu, adanya kelaianan di hidung misalnya polip hidung (massa bertangkai), gangguan saraf (rhinitis vasomotor) , dsb.

    Untuk kondisi anda, sebaiknya anda memberiksakan diri ke dokter spesialis THT. Dokter akan memastikan penyebab keluhan anda dan memberikan penanganan yang tepat. Dokter mungkin akan menyarankan pemeriksaan alergi dengan cara cukit kulit (prick test),Obat anti alergi mugkin akan diberikan oleh dokter apabila dicurigai kondisi gatal disebabkan alergi. Obat ini umumnya hanya meredakan gejala, karena itu cara terbaik mencegah terjadinya alergi adalah dengan menghindari pencetus alerginya dan menerapkan pola hidup sehat dan seimbang.

    Berikut artikel terkait Rhinitis , alergi makanan

     

    Semoga bermanfaat

    Salam, dr. Budionio