Tanya Dokter

  • Gatal di kaki bertambah saat malam hari

  • Permisi dok saya mau tanya. Saya mengalami gatal gatal selama 4hari ini bahkan belum berkurang rasa gatal nya apalagi saat malam hari. Muncul seperti bentol bentol kecil menyeluruh dan melebar sudah dikasih salep tetapi tidak mempan. Apakah ada obat yang manjur dok?

    Halo Risa, terimakasih atas pertanyaannya untuk Alodokter

     

    Gatal pada kaki yang terutama terjadi pada malam hari dapat disebabkan oleh banyak kemungkinan, diantaranya adalah:

    1. neurodermatitis
    2. infeksi skabies (kudis)
    3. infeksi bakteri 
    4. infeksi jamur 
    5. dermatitis atopik atau eksim
    6. dermatitis kontak, yang bisa disebabkan oleh alergi atau iritasi
    7. psoriasis

     

    Setiap penyebab di atas memiliki cara pengobatan yang berbeda-beda, oleh sebab itu, kita perlu mengetahui terlebih dahulu penyebab pasti gatal di kaki anda tersebut. Menggunakan salep kulit secara sembarangan bukan hanya tidak akan menyembuhkan lesi gatal, tetapi berpotensi membuat gatal semakin parah.  Untuk dapat mengetahui secara lebih jelas penyebab gatal di kaki anda tersebut, sebaiknya anda memeriksakan diri ke dokter atau dokter spesialis kulit untuk dilakukan pemeriksaan secara langsung. Dokter juga dapat melakukan pemeriksaan penunjang tertentu seperti pemeriksaan kerok kulit dan pemeriksaan di bawah mikroskop, pemeriksaan dengan lampu wood, atau biopsi kulit bila memang diperlukan.

    Sementara itu, sebaiknya anda menghindari menggaruk lesi di kulit anda karena menggaruk dapat menyebabkan lesi kulit anda semakin gatal, menyebabkan terjadinya luka, memudahkan kulit terkena infeksi bakteri, serta dapat meninggalkan bekas pada kulit yang sulit dihilangkan. Untuk mengurangi gatal di malam hari, anda dapat mengkonsumsi obat antigatal seperti obat yag mengandung chlorphenyramine maleate atau mengopres lesi gatal dengan kompres dingin. Hal ini kemungkinan besar tidak akan mengobati penyebab gatal anda, sehingga pergi ke dokter tetap disarankan.

     

    Sekian informasi dari saya, semoga cukup menjawab

     

    dr. Irna Cecilia