Tanya Dokter

  • Apakah makan dengan menggunakan piring yang sama penderita HIV akan tertular HIV?

  •  Gore
    Anggota
    dok apakah Penyakit Tuberkulosis paru, Bronkitis (radang saluran nafas), Bronkopneumonia (radang saluran nafas dan sel paru itu termasuk gejala hiv ,dan ketika itu saya makan dengan seorang penderita hiv ,saya makan sambal , sambal nya agak cair ketika itu saya satu piring sambal sama dia dan mengambilnya pakai tangan kosong saja , saya tidak tau apakah jari nya ada luka luka atau tidak , apakah saya akan tertular dok

    Halo Gore,

    Terima kasih atas pertanyaannya. Infeksi Human Immunodeficiency Virus (HIV) masih merupakan salah satu penyakit yang mengkhawatirkan banyak orang karena virus ini menyerang sistem kekebalan tubuh manusia sehingga tidak dapat melawan infeksi dan penyakit lainnya. Lebih lanjut lagi, hingga saat ini belum ditemukan pengobatan yang dapat menyembuhkan infeksi HIV.

    HIV tidak ditularkan dengan cara yang Anda sebutkan di atas (dengan berbagi makanan). HIV dapat ditularkan melalui cairan tubuh penderita HIV, misalnya darah, cairan ejakulasi/ pre-ejakulasi, lendir pada rektum, cairan vagina, dan ASI, yang harus kontak dengan dinding mukosa (dinding yang mengeluarkan lendir yang melapisi rongga suatu organ tubuh misalnya vagina, penis, mulut, dan rektum) atau jaringan tubuh yang rusak (misalnya adanya luka pada kulit) atau disuntikkan langsung ke dalam aliran darah orang lain. Berikut ini adalah beberapa cara penularan HIV:

    • hubungan seksual tanpa kondom dengan penderita HIV
    • menerima transfusi darah dari orang yang terinfeksi HIV
    • berbagi jarum suntik dengan orang yang terinfeksi HIV misalnya pada pengguna narkoba suntik
    • ibu hamil yang terinfeksi HIV ke bayinya selama kehamilan, melalui proses persalinan, atau saat menyusui

    Ketika seseorang terinfeksi HIV, orang tersebut tidak akan langsung mengalami gejala yang serius. Pada infeksi awal, penderitanya dapat mengalami gejala yang hanya menyerupai gejala flu. Pada tahap lebih lanjut, penderita akan mudah terserang penyakit termasuk penyakit yang lebih serius. HIV menyerang sistem kekebalan tubuh seseorang sehingga orang tersebut mudah terserang infeksi salah satunya adalah infeksi pada sistem pernapasan (contohnya tuberkulosis, pneumonia, bornkitis). Namun, perlu Anda ingat bahwa penyakit ini tidak selalu berkaitan dengan infeksi HIV. Siapapun mudah mengalami infeksi pada sistem pernapasan karena cara penularan yang mudah dari penderita satu ke orang lain yaitu melalui cipratan batuk atau bersin.

    Jika Anda melakukan tindakan beresiko seperti cara penularan yang disebutkan di atas dan Anda mengkhawatirkan infeksi HIV, Anda disarankan untuk melakukan tes HIV untuk memastikannya. Silakan Anda melakukan voluntary counselling and testing (VCT) mengenai HIV di rumah sakit besar terlebih dahulu. Untuk menghindari terinfeksi HIV adalah dengan menghindari cara-cara yang disebutkan sebelumnya.

    Semoga membantu.

    Dr. Aloisia