Tanya Dokter

  • Penyebab sering merasa cemas berlebihan

  •  marsya alyssa
    Anggota

    saya mau nanya dok. saya sering mengalami gejala cemas yang berlebihan, udah lama banget bahkan dari kecil. gejala itu datengnya gak tentu, bisa dimana aja. tapi yang peling sering, terjadi waktu aku dalam perjalanan.

    contohnya, waktu aku dalam perjalanan dan ngelewati bangunan2 besar dan jembatan. disitu aku selalu tiba2 ngebayanin gedung2 itu kena gempa dan roboh/AC yang di pakai di gedung2 dan rumah warga menyebabkan lapisan ozon menipis terus dunia rusak/jembatan roboh waktu aku lewat.

    pernah juga aku cemas berlebih waktu di tempat wahana. disitu bener2 bikin sesek, soalnya sering aku tiba2 kebayang mainan2nya rusak/roboh sampai mencelakai pengunjung.

    dan, kecemasan2 itu gak terjadi 1-2 kali. tapi SERING.BANGET. dalam kondisi kayak gitu, aku langsung deg-degan gak karuan dan pernah sampe keringetan seolah-olah kaya itu beneran terjadi.

    nah gejala kayak gitu termasuk penyakit apa dok? anxiety? panic disorde? halusinasi? dan bagaimana cara menanganinya?

    Halo selamat pagi Marsya.

    Keluhan kecemasan yang anda alami dapat diakibatkan oleh beberapa kondisi, diantaranya:

    • gangguan cemas menyeluruh. Orang yang mengalami kondisi ini mengalami kecemasan berlebihan terhadap banyak hal (mulai dari pekerjaan, keluarga, kondisi negara, kondisi dunia, bencana alam, dsb) tanpa pemicu yang jelas. Gangguan ini menetap lebih dari 6 bulan. Gejala lainnya adalah perasaan kelelahan, gelisah, otot tegang, kesulitan tidur, dan uring-uringan. 
    • gangguan panik. Orang yang mengalami kondisi ini akan mengalami serangan panik berulang kali. Serangan panik ini terjadi singkat, sangat kuat, disertai rasa berdebar, sesak, terasa seperti akan mati, berkeringat dingin. Diluar masa serangan maka pasien akan merasa tenang dan baik-baik saja
    • fobia, yakni ketakutan berlebih yang tidak rasional, disertai dengan perilaku menghindar. Contohnya adalah agorafobia (ketakutan pada tempat ramai), fobia sosial, dsb. 
    • PTSD, yakni gangguan stress pasca-trauma. Orang yang mengalami kondisi ini akan merasakan stress dan kecemasan akibat pernah mengalami atau menyaksikan suatu kejadian tragis/traumatis, sehingga ia selalu berpikir negatif terhadap dunia sekitarnya atau pada diri sendiri. 

    Untuk memastikan penyebab dari keluhan yang anda alami, disarankan agar anda memeriksakan diri ke dokter spesialis kejiwaan (psikiater), terlebih jika kondisi yang anda alami telah mengganggu kegiatan sehari-hari, maka sebaiknya anda tidak menunda-nunda untuk memeriksakan diri ke dokter. Dokter akan melakukan penggalian keluhan secara lebih rinci dan terarah serta pemeriksaan fisik yang berhubungan. Setelah diagnosis ditegakkan makan dokter akan memberikan penanganan berupa obat-obatan dan terapi psikologis. Beberapa anjuran yang dapat kami berikan sementara anda menunggu jadwal berkonsultasi dengan psikiater antara lain: hindari konsumsi minuman berkafein, lakukan relaksasi, dan cukupi istirahat. 

    Sekian, semoga membantu. 

    Salam, dr. Denisa