Tanya Dokter

  • Benjolan pada kulit yang berukuran kecil berwarna abu kecokelatan

  • Selamat malam dok, saya sudah lebih dari 7 tahun ada benjolan pada pangkal paha atas bagian kanan dan benjolan itu juga lebih besar sedikit dari biji jagung . Warna benjolan tersebut abu* kecoklatan. Namun benjolan itu tidak terasa gatal dan juga tidak terasa sakit . Begitu juga belakangan ini saya menemui ada lebih dari 5 tahi lalat kecil tumbuh pada jari maupun pergelangan tangan saya . Apakah itu termasuk gejala kanker ? Dan jika Ya . Pemeriksaan medis apa yg harus saya lakukan ?

    Halo selamat siang Gerianta. 

    Benjolan pada kulit yang berukuran kecil berwarna abu kecokelatan dapat merupakan suatu kondisi berikut:

    • papiloma, atau disebut juga sebagai "kutil"oleh masyarakat awam. Penyakit ini disebabkan oleh virus HPV (Human Papilloma Virus). Virus ini menyerang lapisan kulit sehingga membuat produksi keratin di kulit meningkat pesat dan menumpuk di bagian atas kulit, membentuk tekstur yang disebut dengan kutil. Kutil bisa muncul di bagian tubuh manapun. Pengobatannya dapat berupa pemberiana krim atau salep sampai dengan tindakan kauter atau laser.
    • keganasan pada kulit, seperti kanker kulit melanoma maupun non-melanoma
    • dsb

     

    Kanker kulit melanoma cenderung lebih jarang terjadi dibandingkan dengan kanker kulit non melanoma, namun kondisi ini berbahaya. Kanker kulit melanoma biasanya ditandai dengan munculnya tahi lalat baru maupu perubahan pada tahi lalat yang sudah ada. Biasanya kanker kulit melanoma muncul di wajah, tangan, punggung, dan kaki (bagian tubuh yang sering terpapar sinar matahari), meskipun kelainan kulit ini juga dapat saja dialami di bagian tubuh manapun. Karakteristik dari melanoma adalah munculnya benjolan seperti tahi lalat di permukaan kulit yang bentuknya tidak beraturan, gatal, sampai dengan mudah berdarah. Warna dari melanoma umumnya merupakan gabungan dari dua warna atau lebih, dengan ukuran benjolan lebih besar dari 6 mm. Melanoma akan semakin membesar dari wkatu ke waktu. 

    Sedangkan untuk kanker kulit tipe non-melanoma dibagi menjadi dua jenis, yakni karsinoma sel basal (BCC) dan karsinoma sel skuamosa (SCC). Dari kedua jenis kanker kulit non-melanoma ini, BCC merupakan jenis yang paling umum. Pada BCC, benjolan lunak dan mengkilat, berbentuk datar, berwarna kecoklatan maupun kemerahan seperti daging. Sedangkan pada SCC benjolannya lebih keras, berbentuk datar, dan bersisik keras seperti kerak.

    Untuk dapat membedakan apakah kelainan kulit yang anda alami merupakan suatu kondisi penyakit kulit biasa atau merupakan keganasan, kelainan kulit tersebut harus diamati dan diperiksa secara langsung. Kami sangat menyarankan agar anda memeriksakan diri anda ke dokter spesialis penyakit kulit untuk penanganan lebih lanjut. Dokter mungkin akan menganjurkan pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan biopsi jaringan jika memang dirasakan perlu. 

    Sementara menunggu jadwal periksa ke dokter diharpkan agar anda tidak memegang-megang atau menekan-nekan kelainan kulit yang anda alami serta tidak menggunakan krim atau salep apapun tanpa pengawasan dan resep dokter, untuk menghindari menjadi biasnya diagnosis anda dan menghindari perburukan keluhan.

     

    Sekian, semoga membantu.

    Salam, dr. Denisa