Tanya Dokter

  • Nyeri di perut bawah sebelah kiri yang menjalar hingga ke paha dan panggul

  •  Amelia31
    Anggota

    Halo dok. Saya 3 mnggu ini nyutnyutan perut bawah kiri dan nhut nyutan sampai ke paha dan panggul vagina. Saya sudah periksa ke bidan dan katanya karena saluran pencernaan (memang saya BAB nya keras belakangan ini). Setelah itu saya merasa gejala PMS nyutnyutan panggul punggung, payudara linu namun sudah berlangsung lebih dr 10 hr saya belum menstruasi juga. Siklus menstruasi saya memang tidk teraktur januari ke februari sikslusnya 32 hari, februari ke maret 47 hari, maret ke april 26 hari. Saya sudah melalukan testpack di hari ke 14 setelah saya berhubungan hasilnya negatif, saya berhubungn pun menggunakan kondom plus selalu ejakulasi d luar meskipun sudah pakai kondom juga.

    Amelia31  Amelia31
    Anggota

    Saya juga sudah d usg

    Hai Amelia31,

    Terimakasih telah bertanya ke Alodokter.

     

    Perlu diperjelas sebelumnya, kapan Anda menjalani pemeriksaan USG? Apakah dilakukan oleh dokter langsung? Dan seperti apa hasil pemeriksaan USG tersebut?

    Nyeri di perut bawah sebelah kiri yang menjalar hingga ke paha dan panggul memang bisa terjadi salah satunya akibat konstipasi (sulit BAB). Namun, apabila kondisi ini muncul juga disertai dengan nyeri di payudara dan keterlambatan menstruasi, maka bisa jadi kondisi ini berkaitan juga dengan tanda kehamilan. Saran kami, Anda kembali lakukan testpack apabila memang merasa pernah berhubungan seksual setelah menstruasi terakhir Anda tanpa pengaman (kontrasepsi). Karena, menurut banyak ahli, untuk mendapatkan hasil yang akurat, testpack sebaiknya dilakukan setelah setidaknya 7 hari terlambat menstruasi.

    Di samping karena kehamilan, mungkin juga nyeri-nyeri di tubuh Anda (mulai dari perut bawah, paha, panggul, vagina, punggung, dan payudara) muncul karena penyebab lain, contohnya:

    • Pre menstrual syndrome
    • Fibromyalgia (nyeri mukuloskeletal yang disertai dengan mudah lelah, perubahan suasana hati, dan daya ingat)
    • Infeksi virus atau bakteri
    • Defisiensi vitamin B1, B6, B12
    • Gangguan salurna cerna lainnya, misalnya sindroma iritasi usus, dispepsia
    • Gangguan saluran kemih, misalnya infeksi, batu
    • Gangguan saluran reproduksi, misalnya kista ovarium, dan sebagainya

    Saat merasakan nyeri yang cukup mengganggu, tubuh bisa memproduksi banyak hormon stres yang mempengaruhi keseimbangan hormon yang meregulasi menstruasi. Kondisi ini juga bisa membuat Anda pada akhirnya mengalami keterlambatan menstruasi.

    Selain melakukan testpack, Anda pun sebaiknya memeriksakan diri Anda ke dokter supaya diketahui, apakah nyeri yang Anda alami perlu mendapat penanganan khusus atau tidak. Bila dicurigai terjadi kelainan serius pada organ dalam, bisa juga dokter menyarankan Anda menjalani tes lanjutan, contohnya rontgen, tes darah, tes urin, atau USG.

    Sementara ini, Anda bisa membeli dulu obat pereda nyeri di apotek terdekat dan minum agar nyeri yang Anda alami membaik. Kompres juga bagian-bagian tubuh Anda yang nyeri menggunakan kompres hangat. Perbanyak beristirahat, minum dengan cukup, dan makan juga dengan teratur. Hindari stres yang terlalu berat badan jaga berat badan ideal. Tidak lupa, kenakan selalu pakaian yang nyaman, supaya nyeri tidak memburuk.

    Semoga membantu ya..

     

    dr. Nadia Nurotul Fuadah