Tanya Dokter

  • Penanganan gigi sakit dan bengkak pada remaja usia 17 tahun

  •  githa safitri
    Anggota
    Dok, beberapa minggu lalu gigi saya sakit dan alhamdulillah sambuh. Tetapi kemarin gigi saya kambuh sakit lagi selama beberapa hari dan sy sdh minum obat walaupun obat tersebut tdk mempan. Dan keesokan harinya gusi sy di tempat gigi sy sakit kemarin membengkak dan pipi sy juga ikut bengkak. Umur sy masih 17thn dok
    githa safitri  dr. Danny
    Dokter

    Hai.

    Sakit pada gigi dapat disebabkan karena berbagai macam penyebab. Sakit pada gigi sebaiknya harus melakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter gigi, sehingga dokter gigi nanti dapat memberikan terapi yang tepat sesuai dengan keadaan anda.

    gigi yang sakit dan bengkak mungkin dapat disebabkan karena suatu ginggivitis. Ginggivitis adalah suatu peradangan pada gusi. Ginggivitis pada sebagian besar kasus dapat disebabkan karena banyaknya plak pada daerah gusi. Selain itu ginggivitis juga dapat disebabkan karena adanya infeksi pada gusi. Ginggivitis sebenarnya merupakan suatu hal yang tidak berbahaya, tetapi jika tidak diterapi maka dapat menyebabkan gigi goyang dan tanggal, selain itu ginggivitis dapat juga menyebabkan pipi membengkak. 

    Tetapi  selain itu, keadaan yang anda alami dapat juga disebabkan karena penyebab lainnya seperti:

    • gigi berlubang
    • Abses gigi
    • gigi goyang/ retak

    oleh karena itu, untuk menentukan penyebab pasti dari keadaan yang anda alami maka sebaiknya anda memeriksakan diri secara langsung ke dokter gigi sehingga dapat dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

    disarankan agar anda rutin menyikat gigi. Gunakan cairan kumur antiseptik secara rutin. Hindari konsumsi makanan/ minuman yang terlalu panas atau terlalu dingin. Jangan merokok. 

    Berikut artikel yang dapat anda baca mengenai Sakit gigi

    semoga bermanfaat. Terimakasih

    dr. Danny