Tanya Dokter

  • gimana cara menghilangkan rasa takutnya ?

  • Beberapa minggu lalu saya kesemutan dan jantung berdebar kencenggg rasanya kaya lg loncat diketinggian dan keringet dingiin digigit ga berasa apa2 dan rasa takut sampe sekarang selalu muncul jantung masih sukaa berdebar kenceng kira2 itu kenapa ya ??

    Halo Febri, terima kasih atas pertanyaannya.

    Dari tulisan Anda di atas, sepertinya permasalahan yang Anda keluhkan adalah adanya keluhan rasa takut yang muncul disertai dengan jantung berdebar-debar, dan juga terdapat sensasi seperti kesemutan ya, Febri. Kondisi yang Anda alami ini patinya akan terasa sangat tidak nyaman, bahkan dapat sampai mengganggu aktivitas Anda sehari-hari ya, misalnya dalam Bekerja, aktivitas di rumah, dan aktivitas sosial Anda sehari-hari.

    Kondisi ini tentunya harus dipantau lebih lanjut dan diperiksakan, terutama jika kondisi ini terjadi berulang. Mengapa? agar diketahui penyebab pasti dari kondisi yang Anda alami ini, dan dapat ditangani serta dicegah untuk muncul kembali. Beberapa kondisi yang sering menimbulkan keluhan serupa dengan yang Anda rasakan antara lain:

    • Sedang berada dalam kondisi cemas luar biasa, misalnya terkait dengan suatu masalah (bisa masalah pekerjaan, masalah keluarga, percintaan, dan banyak lagi).
    • Serangan panik atau Panic Attack, yaitu timbulnya rasa takut yang sangat hebat, dan dapat muncul dalam bentuk gejala seperti nyedi dada, badan lemas, berkunang-kunang, hingga merasa dirinya akan mati.
    • Adanya kondisi gangguan pada jantung yang menyebabkan terjadinya jantung berdebar-debar, hal ini harus diperiksakan lebih lanjut kepada Dokter
    • Gangguan hormonal, misalnya gangguan pada kelenjar tiroid
    • Kelelahan fisik yang cukup berat, misalnya akibat kelelahan bekerja atau berolahraga
    • Pengaruh dari konsumsi obat-obatan, misalnya obat yang mengandung pseudoephedrine, atau obat-obatan lainnya

    Saya sarankan untuk saat ini, cobalah hindari minuman berkafein dan rokok ya, dan konsumsilah air putih secukupnya. Istirahatkan diri Anda, cobalah untuk menarik nafas dengan leluasa. Jika tidak, bernafaslah menggunakan kantong kertas. Selain itu, jika kondisi ini terus menerus menetap dan tidak membaik, segera bawa diri Anda ke IGD atau menemui Dokter secara langsung ya, agar diperiksa dengan seksama kondisi yang Anda alami, apakah memang hanya pengaruh psikis saja atau adanya gangguan fisik lain yang mendasari. Bagaimanapun itu, kedua kondisi baik gangguan psikis maupun fisik harus ditangani dengan seksama ya.

    Semoga jawaban yang saya berikan dapat membantu ya.

    Dr Otniel Budi Krisetya