Tanya Dokter

  • go

  • saya laki-laki. dok 1 bulan yg lalu saya terkena penyakit go. lalu saya sudah berobat medis disuntik pensilin da di neri obat ciprofloxacin 500 mg. sdh 2 minggu ini mr.p sudah tidak mengeluarkan nanah dan kencing tidak sakit lagi, namun bagian anus gatal dan saya sudah disuruh berhenti minum obat oleh dokter. apakah penyakit gonorenya masih ada dalam tubuh saya?

    Halo,   Anus terasa gatal bisa disebabkan karena :

    1. Infeksi cacing kremi.
    2. Wasir
    3. Fissura ani
    4. Iritasi pada anus
    5. Fistula ani
    6. Infeksi jamur
    7. dll.
    Pada kasus Gonore, jarang sekali menyebabkan anus terasa gatal, apalagi jika Anda telah mendapatkan pengobatan baik injeksi dan obat minum. Namun jika Anda khawatir Anda dapat memeriksakan diri Adna ke dokter / laboratorium untuk memastikan apakah Anda masih terinfeksi gonore atau tidak. Anda bisa melakukan tes darah dan swab anus serta alat kelamin untuk mencari kuman gonore dan penyebab rasa gatal pada anus Anda. Untuk mengurangi rasa gatal pada anus Anda bisa melakukan beberapa tips seperti :
    1. Membersihkan bagian bokong dengan sabun antibakteri dan melap kering bagian bokong setiap BAB.
    2. Menggunakan celana dalam berbahan katun yang menyerap keringat.
    3. mengganti celana dalam jika basah
    4. Minum obat cacing setiap 6 bulan sekali untuk pencegahan terhadap infeksi cacing terutama jika Anda penyuka makanan mentah (lalap, salad, sushi dll).
    5. Hindari menggaruk bagian bokong Anda.
    Semoga bermanfaat.   dr. Yusi