Tanya Dokter

  • Gondongan pada anak

  •  Evi Risnawati
    Anggota

    Halo dok...anak saya umurnya 4tahun sebulan yg lalu sakit gondongan..tp sampai saat ini bengkaknya blm jg hilang,malah td pg sempet muntah2 dan demam. Apa bengkaknya itu msh gondongan atau bkn? Dan apa demamnya masih berhubungan dgn gondongannya?

    Hai Evi, Penyakit mumps atau sering disebut dengan parotitis atau mumps merupakan penyakit yang menyerang kelenjar air liur. Penyakit ini disebabkan oleh virus, dapat menyerang kelenjar air liur di satu sisi atau di kedua sisi. Kelenjar ludah berada di bawah telinga. Kasus parotitis merupakan penyakit yang masih banyak terjadi. Komplikasi yang dapat terjadi seperti kehilangan pendengaran namun kasus ini masih sangat jarang terjadi. Tidak ada pengobatan yang spesifik untuk parotitis.  Namun untuk pencegahan dapat dilakukan dengan vaksinasi. Beberapa orang yang terkena virus mumps tidak merasakan gejala apapun, basanya gejala akan timbul 2 sampai 3 minggu sejak terpapar virus ini, seperti bengkak , nyeri di kelenjar ludah baik satu sisi maupun kedua sisi, demam, sakit kepala, lemas, nafsu makan menurun, dan nyeri saat mengunyah. Jika anak anda mengalami keluhan seperti diatas sebaiknya anda mengunjungi dokter sehingga dapat dilakukan pemeriksaan. Dan jika anda sudah melakukan pengobatan sesuai dengan yang disarankan dokter biasanya gejala akan mulai mereda dan bengkak juga akan mulai erkurang namun akan berkurang secara perlahan. Karena penyakit ini disebabkan oleh virus, maka antibiotik tidak akan efektif untuk pengobatan. Yang sangat diperlukan adalah meningkatkan kekebalan tubuh anak anda sehingga virus mumps akan mulai mati. Jika sudah sebulan setalah pengobatan anak anda masih mengalami pembengkakan yang juga terasa sakit dan disertai dengan gejala yang lain, sebaiknya anda mengunjungi dokter kembali agar dapat diperiksa apakah penyakit yang dialami saat ini merupakan penyakit yang sama dengan yang sebelumnya atau berbeda. Jangan membiarkan anak anda dalam keadaan muntah-muntah terud menerus tanpa ada tindakan karena ditakutkan akan terjadi perburukan. Anda dapat melakukan tips di bawah ini:

    • Mengistirahatkan anak anda minimal 10 jam dalam 1 hari
    • Menghindari anak anda untuk berinteraksi dengan orang lain dan tidak menggunakan alat-alat yang sama dengan orang lain karena akan memperbesar resiko penularan
    • Gunakan air hangat untuk mengompres bagian yang bengkak
    • Konsumsi  banyak air mineral
    Semoga membantu dr. Yosephine U L Simanungkalit