Tanya Dokter

  • Efek samping sering ganti sufor pada anak dan anak sering muntah

  • Halo dok ,bayi laki-lakiku 11bln 2minggu. bayiku dari lahir sudah sufor ,ASI hanya sampai 2bln saja , dr 0-7 bln dia sufor123 ,7-10 bayiku ganti sufor ke si merah badannya lembek gak seseg , 11bln di ganti sufor ke bebek emas dia jd suka marah2 ,galak teriak2 sulit ditenangkan . Apa dengan gunta-ganti sufor itu mempengaruhi sikap anak? Dok , bayiku kalo sakit diminumin obat selalu muntah ,gak sakit juga muntah dari bayi dok . Jd kalo sakit aku selalu merasa percuma ngasih obat kalo akhirnya dimuntahin trs sampe seisi perutnya keluar semua. Kalo lagi nyusu grak-grok-grak-grok bersuara dok . Malah dlm satu waktu bersin sampe 10x berturut2 sampe lemes. Solusinya dok yaaaa ...

    Halo,

    Muntah pada bayi sampai usia 1 tahun di awal kehidupannya, masih merupakan hal yang normal. Saat bayi, lambung masih kecil  dan cincin otot yang membatasi kerongkongan dan lambung beum kuat, sehingga ketika lambung terisi terlalu penuh bayi mudah mengalami refluks dan muntah. Ketika bayi menangis atau batuk terlalu kuat, muntah juga dapat terjadi.

    Ketika sakit, anak mungkin memerlukan obat yang harus diminumkan. Bila anak memiliki pengalaman kurang baik yang berhubungan dengan minum obat, maka di kemudian hari anak akan menolak minum obat sehingga tangisan membuatnya memuntahkan obat. Buatlah suasana minum obat menyenangkan, sediakan mainan anak dan ajak anak bermain sebelum minum obat. Baca di sini lebih lengkap mengenai tips minum obat anak.

    Semakin besar usia anak, anak semakin mampu berkomunikasi secara sosial dan lebih ekspresif menunjukkan emosinya. Kemungkinan besar tidak ada hubungannya merek susu formula yang Ia minum dengan cara bayi mengekspresikan emosi. Apa yang anak Anda alami merupakan bentuk tantrum.

    Bayi berusia 11 bulan semakin hari akan semakin baik berkomunikasi dengan bahasa, maka secara perlahan tantrum anak akan menghilang. Namun bila anak tantrum terlalu sering dan mulai melukai diri sendiri/orang di sekitarnya, maka sebaiknya Anda berkonsultasi langsung dengan Dokter mengenai tumbuh kembang sosio emosi anak Anda.

    Suara grok grok yang muncul ketika bayi menyusu, dapat merupakan suara proses susu turun di dalam kerongkongan. Bersin yang sering merupakan tanda bahwa ada pencetus alergi, mencium aroma tertentu, dan saat pilek. Bila bersin berkepanjangan sering dialami anak Anda, sebaiknya Anda memeriksakan langsung anak Anda ke Dokter Spesialis Anak. Dokter akan menentukan penyebab sering muntah dan bersin yang anak Anda alami melalui pemeriksaan medis langsung dan bila diperlukan pemeriksaan penunjang seperti tes darah, rontgen dada, CT scan/MRI. Pemeriksaan penunjang biasanya dilakukan bila dicurigai adanya kondisi medis yang berbahaya.

    Untuk mengatasi muntah anak Anda, usahakan untuk menyendawakan anak sesudah minum susu dan hindari posisi telentang/tiduran beberapa saat setelah minum susu. Sediakan porsi kecil setiap minum, namun berikan lebih sering. Demikian pula dengan makanan, berikan porsi sedikit-sedikit namun sering.

    Baca lebih lanjut mengenai Muntah dalam artikel Alodokter berikut ini.

    Demikian info yang dapat Kami bagikan, semoga membantu Anda.

    Salam sehat, Dr Caecilia Haryu Aryapti.