Tanya Dokter

  • Jari sulit digerakkan setelah operasi kelainan CTEV

  •  Taat setya
    Anggota

    Dok saya mau tanya, 1 tahun yang lalu saya mendapat operasi kaki (dulunya ctev) habis operasi disuruh memakai sepatu khusus (sepatu afo) hampor setahun saya memakain sepatu afo terus pada 4 bulan terakhir saya tidak lagi memakainsepetu tersebut kok yiba tiba saja selang 4 bulan jari jari kaki saya tidak bisa digerakin (lemas total) Bagaimana ya dok cara mengatasinya?

    Selamat malam, terima kasih telah bertanya di Alodokter. CTEV atau congenital talipes equinovarus adalah sebuah kelainan bawaan dimana satu atau kedua kaki tertekuk atau seperti melipat ke arah dalam. Kondisi ini masih belum diketahui penyebabnya, namun beberapa teori sudah menyebutkan mengenai bahwa hal ini bisa terjadi karena kelainan genetik, kelainan saraf, gagal pertumbuhan dalam kondisi janin, dan lain sebagainya. Cara penaganannya ada beberapa macam, dan diantaranya memang melalui operasi.

    Pada kasus Anda, lemas pada jari kaki atau pada bagian tubuh lain bisa terjadi karena berbagai hal, namun seringkali melibatkan saraf karena saraf-lah yang menghantarkan informasi dari otak ke otot untuk bergerak. Diantaranya:

    • Kelainan sistem imun dimana sistem imun menyerang saraf tubuh dan menimbulkan kerusakan sehingga mengganggu komunikasi saraf.
    • Radang pada saraf tulang belakang, seperti pada penyakit transverse myelitis yang ditandai dengan rasa aneh atau tidak nyaman pada jari kaki dan kaki, kelemahan, bahkan kelumpuhan.
    • Infeksi bakteri yang disebarkan oleh gigitan kutu (Lyme disease). Kondisi ini dicirikan dengan lemas, rasa hilang tenaga, nyeri otot dan sendi.

     

    Pada kasus Anda, kondisi tersebut bisa saja satu dari kemungkinan di atas, atau bukan sama sekali. Karena untuk dapat menentukan diagnosis yang tepat, dibutuhkan penggalian riwayat yang lebih lengkap juga pemeriksaan fisik langsung, juga mungkin pemeriksaan penunjang. Jadi sebaiknya Anda periksakan kondisi Anda ke dokter spesialis saraf untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Sebaiknya ceritakan pula riwayat penggunaan sepatu khusus selama setahun sebelum akhirnya Anda merasakan gejala seperti sekarang untuk membuat dokter Anda mempertimbangkan penekanan saraf.

    Selain itu untuk dirumah, sebaiknya Anda tidak mengonsumsi obat apapun atau mengoleskan apapun pada kaki Anda. Perhatikan kembali apakah tidak bisa digerakkannya itu diikuti pula kehilangan sensasi sentuhan bila kaki disentuh atau tidak. Jangan terlalu banyak berdiri atau berjalan, boleh Anda pijat-pijat sendiri secara ringan dan sebisa mungkin segera bawa ke dokter saraf untuk dilakukan pemeriksaan selanjutnya. Semoga Anda lekas sembuh.

    Sekian, semoga membantu.

    dr. Amadeo D. Basfiansa