Tanya Dokter

  • Aturan pakai untuk obat penunda menstruasi

  • Dok, besok sabtu saya mau ndaki, tadi saya beli primolut, biasanya saya haid tanggal 17-19 an tp bulan lalu haid saya mundur 1 minggu an. Lalu untuk berjaga2 saya tetap beli primolut. Tp saya hanya beli 3, bagaimana aturan minumnya ya? Sehari sekali apakah bisa menunda?

    Halo Berliana, terima kasih telah mengunjungi Alodokter.

    Primolut merupakan merk dagang obat yang mengandung Norethisterone, yakni turunan hormon progesteron sintetik yang dapat digunakan untuk menunda menstruasi dengan cara menguatkan dinding rahim yang menebal sehingga mencegah menstruasi. Selain untuk menunda menstruasi, norethisterone juga digunakan dalam beberapa kondisi tertentu, seperti nyeri dan perdarahan berlebih saat menstruasi (endometriosis), kanker payudara, dan dalam dosis rendah dapat digunakan sebagai salah satu metode kontrasepsi.

    Konsumsi norethisterone sebaiknya dikonsultasikan terlebih dahulu dengan Dokter. Norethisterone dapat dikonsumsi sebelum atau sesudah makan dan dijam yang sama setiap harinya. Jika lupa, Anda dapat langsung mengonsumsi pada saat Anda ingat. Konsumsi Norethisterone sebaiknya 1 minggu-3 hari sebelum jadwal Anda mendaki. Konsumsi Norethisterone sebanyak 2 hingga 3 kali dalam sehari masing-masing tablet. Menurut keterangan Anda, Anda dapat mengonsumsi Norethisterone mulai tanggal 14 Maret hingga Anda satu hari sebelum selesai mendaki. Penggunaan Norethisterone sebaiknya tidak lebih dari 14 hari.

    Pada umumnya, menstruasi akan kembali normal 2 hingga 3 hari setelah penghentian Norethisterone. Perlu diketahui, ada beberapa efek samping penggunaan Norethisterone, seperti: nyeri kepala, kembung, sulit tidur, lelah, perubahan berat badan, menstuasi tidak kujung datang atau menstruasi berjalan sangat singkat. Sebaiknya selalu konsultasikan hal ini dengan Dokter agar kondisi Anda diperiksa secara langsung terlebih dahulu. Selalu terapkan pola hidup sehat, mengonsumsi akanan yang begizi dan bernutrisi, mengonsumsi air putih 2-3 liter per hari, kelola stress dengan baik.

    Semoga Bermanfaat.

    dr. Thoriqotil H.M.