Tanya Dokter

  • Haid sedikit dan lama setelah penggunaan KB suntik 3 bulan

  • Selamat Pagi Dokter..

    maaf dok, sy mw tanya. sblmnya sy Pke IUD yg 10 th. tp bru 1 th 2 bln sy buka, krna mrsa gk cocok n haidnya gk lancar. trs  1 bln stlahnya tpatnya tgl 21 Maret sy pke KB suntik 3 Bulan. nah pas tgl 11 April ini sy haid, tp yang keluar cuma kecoklatan aja, itu pun sangat sedikit, n skrg udh 10 hri, blm brnti jg,, yg sy tanyakan,, itu qra" penyebabnya ap ya? n tolog solusinya Dok. terimaksih,, di tunggu Jawabannya.

    Halo,

     

    KB hormonal, jenis suntik maupun pil, memiliki efek samping saat digunakan. Efek samping KB suntik 3 bulanan antara lain adalah =

    1. Gangguan siklus menstruasi, pada 3 bulan pertama penggunaannya bisa terjadi flek atau spotting atau bahkan menstruasi yang lama. Namun umumnya akan terjadi henti haid atau amenore pada kelanjutan penggunaan.
    2. Sakit kepala.
    3. Mual atau muntah.
    4. Nyeri payudara.
    5. Perubahan berat badan, bisa meningkat atau menurun, namun umumnya terjadi peningkatan berat badan.
    6. Gangguan mood.
    7. Retensi cairan pada tubuh.
    8. Varises, atau gangguan pembuluh darah vena lain.
    9. Meningkatkan resiko terjadinya kanker.

    Kondisi yang Anda alami bisa disebabkan karena penggunaan kontrasepsi yang Anda gunakan. Namun juga bisa disebabkan oleh kondisi lain. Flek atau spotting yang lama diluar waktu haid bisa juga disebabkan karena gangguan hormonal, gangguan tiroid, sindrom polikistik ovarium, stress dan kelelahan, infeksi rahim, tanda awal kanker.

    Umumnya jika spotting terus menerus terjadi >2 minggu maka Anda bisa memeriksakan diri ke dokter kandungan untuk mengetahui penyebab pasti kondisi tersebut. Dengan pemeriksaan fisik dan medis seperti USG, PAPSMEAR maka dokter bisa menentukan penyebabnya dan memberikan pengobatan yang sesuai.

     

    Lakukan olahraga , cukup istirahat dan kelola stress, banyak minum air putih dan jaga kesehatan organ intim Anda. 

    Semoga membantu.

     

    dr. Yusi