Tanya Dokter

  • Perawatan pasca operasi usus buntu

  • Dok saya mau tanya.. saya 2 bln lepas saya oprasi usus buntu 2bln sdah kering dan saya sdah kerja ringan" saja...saya mau tanya harus kah aq pergi cek Dengan dokter bedah saya apa tidak, apakah kalau tidak pergi cek itu boleh tak

    Zidan Aditya New  dr. Adhi Pasha
    Dokter

    Halo Zidan Aditya,

    Radang usus buntu merupakan kondisi dimana appendiks atau usus buntu meradang yang menimbulkan rasa sakit pada perut bawah dimana jika didiamkan kondisi ini dapat membuat usus yang meradang pecah dan menimbulkan infeksi di rongga perut. Untuk menanganinya dilakukan operasi pengangkatan usus buntu. Operasi usus buntu sendiri dilakukan dengan berbagai metode mulai dari operasi usus buntu terbuka, operasi dengan lubang kunci atau laparoskopi ataupun operasi laparotomi jika terjadi infeksi pada rongga perut dimana diperlukan penyayatan yang lebih luas.

    Pasca operasi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti diantaranya:

    • Mengonsumsi obat yang diberikan dokter sesuai anjuran dan sampai habis jika diberikan antibiotik
    • Cukup beristirahat
    • Hindari aktivitas berat dalam beberapa minggu setelah operasi
    • Lakukan kontrol secara berkala

    Jika sudah 2 bulan lalu dilakukan operasi tetapi tidak ada keluhan apa-apa dan luka juga sudah baik maka tidak kontrol pun tidak apa, tetapi jika timbul keluhan seperti nyeri pada luka bekas operasi, luka bekas operasi kemerahan, nyeri berkelanjutan, muntah, batuk berkelanjutan, demam berkepanjangan maka perlu untuk dilakukan pemeriksaan oleh dokter menilai kondisi Anda.

    Semoga bermanfaat,

    dr. Adhi P.