Tanya Dokter

  • Benjolan pada payudara masih tersisa pasca operasi

  •  Fatma Hanapi
    Anggota
    Assalamu 'alaikum dok. Saya mau tanya. Saya sudah menjalani operasi pengangkatan tumor payudara dan hasil lab nya adalah fibrosis mammae. Apa arti dari hasil tersebut? Dan saya masih ada benjolan yg tersisa di payudara saya. Apa tidak berbahaya bila saya diamkan karena dokter yg pernah mengoperasi saya bilang kalau tidak menggangu sebaiknya tidak usah diangkat. Mohon penjelasannya. Terima kasih dok.

    Fatma yang baik,

    benjolan pada payudara memang seringkali menimbulkan kekhawatiran pada banyak kaum hawa akan adanya keganasan pada benjolan tersebut. Namun yang tak banyak diketahui ialah bahwa sebagian besar benjolan pada payudara sebenarnya bersifat jinak dan tidak memerlukan tindakan, selain atas alasan kosmetik. Salah satunya ialah pada kasus Anda yang ternyata hasilnya menunjukkan fibrosis mammae. Fibrosis mammae atau fibrosis payudara ialah kelainan pada jaringan payudara dimana terbentuknya jaringan parut yang tampak sebagai penebalan pada jaringan payudara sehingga dapat dirasakan sebagai benjolan. Kondisi ini sebetulnya tergolong tumor jinak yang tidak membawa keluhan apa-apa dan biasanya disebabkan oleh peradangan. Kondisi lebih rentan terjadi pada mereka yang memiliki ketidakseimbangan hormon reproduksi yang juga mempengaruhi jaringan payudara.

    Namun seperti yang dikatakan dokter Anda, tumor jinak pun bilamana tidak menimbulkan keluhan yang mengganggu memang biasanya tidak memerlukan tindakan pengangkatan atau semacamnya. Namun demikian kami menyarankan Anda untuk memeriksakannya secara rutin setiap beberapa waktu untuk memastikan bahwa benjolan yang ada memang aman dan tidak berkembang ke arah yang serius, meskipun sangat kecil kemungkinannya. Berikut kami lampirkan artikel mengenai benjolan payudara. Semoga bermanfaat.

     

    dr. N. K. Arief