Tanya Dokter

  • Penjelasan hasi pemeriksaan kadar TSH pada riwayat kanker tiroid

  •  Dadink
    Anggota
    Pagi dok, saya mau tanya. Ibu saya November 2017 tes TSHs hasilnya 0.0045 dengan nilai rujukan 0,35-4,94 mIU/L Lalu bulan maret 2018 ini tes lagi hasil TSHsnya 0.0026 dengan nilai rujukan sama. Itu kabar baik atau kurang baik ya dok? Apa saya perlu khawatir? Nb: 2016 ibu saya tiroidnya diangkat via operasi karna kanker, Februari & September 2017 sudah melakukan pengobatan radionuklir di RSHS bandung Terimakasih
    Dadink  dr. Danny
    Dokter

    Hai.

    Tiroid merupakan suatu hormon yang berfungsi salah satunya dalam metabolisme tubuh. Kanker tiroid biasanya dapat menyebabkan hormon tiroid meningkat, sehingga menyebabkan gejala hipertiroid seperti misalnya tekanan darah tinggi, berdebar debar, keringat berlebih, penurunan berat badan. 

    Dari pemeriksaan yang ibu anda alami, kadar TSH ibu anda mengalami penurunan. TSH atau disebut sebagai tyroid stimulating hormon merupakan suatu hormon yang dikeluarkan untuk menstimulasi hormon tiroid. Dari pemeriksaan lab ibu anda Hal tersebut menunjukkan bahwa hormon TSH tidak menstimulasi kelenjar tiroid. Namun hal tersebut tidak dapat ditentukan hanya berdasarkan TSH, biasanya diperlukan pemeriksaan T3 dan T4. Namun biasnaya setelah melakukan operasi pengangkatan tiroid, maka didapatkan kadar TSH yang rendah. 

    Oleh karena itu, disarankan agar anda melakukan konsultasi langsung ke dokter spesialis penyakit dalam, sehingga dokter dapat memeriksa keadaan ibu anda secara langsung terlebih dahulu. Dengan demikian dokter dapat memberikan penjelasan yang tepat. 

    Berikut artikel yang dapat anda baca mengenai Kanker tiroid

    semoga bermanfaat. Terimakasih

    dr. Danny