Tanya Dokter

  • penjelasan hasil pap smear

  • Halo dok.. Sy ibu dua anak.. Usia 30thn ..bln april lalu sy pap smear krna ada darah saat berhubungan. Hasilnya cin 1... Kata dokter bisa kmbli normal sndiri.. Pap smear lgi stelah 6 bln... Tp smpai skrg sdah mau setahun sy blm pap smear lgi dok... Krna sy merasa sudah normal lagi.. Tdak ada pndarahan lgi saat brhubungan.. Dan haid pun sdah normal...apa sy memang perlu pap smear lagi ya dok?? Atau tdak perlu. Mohon arahannya.
    Anggolong Niom  dr. Danny
    Dokter

    Hai

    Perdarahan yang terjadi ketika berhubungan seks sebaiknya mendapat perhatian yang cukup serius. Perdarahan yang terjadi pada saat berhubungan seks salah satunya dapat disebabkan karena kanker serviks. Kanker serviks disebabkan karena infeksi dari HPV tipe tertentu. Kanker serviks dapat menyebabkan gejala seperti perdarahan tiap berhubungan seks, nyeri pada perut bawah, keputihan. 

    Dari hasil pap smear yang anda alami, CIN 1 atau mild ( ringan) berarti terdapat sekitar 1/3 dari sel abnormal. Sel yang abnormal tersebut dapat mengarah ke kanker serviks. CIN 1 memang masih dalam keadaan normal dan belum dapat dipastikan apakah anda mengalami kanker atau tidak. 

    Tetapi tetap disarankan agar anda melakukan kontrol ulang ke dokter anda, sehingga dokter daapt memantau perkembangan keadaan anda. Karena sel yang abnormal tersebut harus dipantau, dan jika terus berkembang maka yang ditakutkan dapat menjadi kanker serviks. 

    Berikut artikel yang dapat anda baca mengenai Pap smear

    semoga bermanfaat. Terimakasih

    dr. Danny