Tanya Dokter

  • Hasil pap smear

  •  Ridaa Saidah
    Anggota

    Selamat malam dok, saya dengan Rida. Saya mau bertanya, saya sudah melakukan pap smear dan hasil dari -Makroskopik : Diterima sebuah sediaan apus -Mikroskopik : Sediaan apus terdiri dari sel superfisial, intermediateintermediate dan parabasat. Sel radang PMN dan imfosit banyak. Bakteri jenis coccen. Trichomonas, monilia, infeksi HPV dan sel tumor ganas tidak ditemukan -Kesimpulan : Cervicitis kronis non spesifik.Negatif keganasan. Bisakah dokter membantu penjelasan nya dari hasil pap smear saya ? Terima kasih dok.

    Halo, terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Pap smear merupakan sebuah pemeriksaan mengenai keadaan sel-sel pada serviks (leher rahim). Pap smear berguna untuk menilai kesehatan organ kewanitaan pada tingkat seluler (sel) dan sebagai upaya mendeteksi kanker serviks sejak dini. Pemeriksaan ini dianjurkan dilakukan secara berkala pada wanita yang sudah pernah melakukan hubungan seksual.

    Dari hasil pap smear yang Anda paparkan, tampaknya didapatkan adanya peradangan dan infeksi bakteri. Hasil menunjukkan tidak adanya sel kanker, infeksi parasit, infeksi virus dan infeksi jamur. Namun hasil pemeriksaan ini lebih tepat jika diinterpretasikan kepada dokter yang memeriksa Anda. Umumnya hasil pap smear ditunjukan langsung kepada dokter spesialis kandungan.

    Pap smear adalah salah satu dari pemeriksaan penunjang. Dalam penegakkan suatu diagnosis diperlukan anamnesis (wawancara), pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan penunjang apabila diindikasikan. Karena itulah sangat penting menunjukkan hasil pemeriksaan tersebut ke dokter agar kemudian mendapat penanganan yang tepat.

    Artikel yang sesuai topik pertanyaan Anda di https://www.alodokter.com/deteksi-dini-kanker-serviks-dengan-pap-smear

    Demikian informasi yang bisa saya berikan, semoga bermanfaat.