Tanya Dokter

  • Hasil pemeriksaan pap smear di usia 39 tahun

  •  anggambon
    Anggota

    Dear dokter, saya ibu rumah tangga umur 39 tahun , saya sebelumnya mengikuti pap smear dan saya sudah mendapatkan hasil pap smear terdapat hasil pemeriksaan yaitu : 1. pemeriksaan fisik : putih, tenang 2. sel epitel : sel superficial, intermediate, parabasal 3. sel inflamasi : sel radang PMN banyak, mononuclear banyak dan histiosit 4. mikroorganisme : lactobacillus 5. perubahan seluler : perubahan keradangan 6. spesimen : cukup adekuat 7. hasil : radang purulent non specifik/NILM/papanicolaou class II mohon bisa dijelaskan dok? apa ini bisa terjadi kanker serviks??? terima kasih

    Halo, terimakasih atas pertanyaan Anda

    Pap smear atau pap test adalah salah satu pemeriksaan untuk mendeteksi keberadaan kanker leher rahim (serviks) sehingga dapat diobati sedini mungkin. Tes ini juga dapat memperkirakan kemungkinan terjadinya kanker di masa mendatang. Pemeriksaan ini diindikasikan pada wanita 21 tahun ke atas atau kurang dari 21 tahun namun sudah melakukan hubungan seksual. Umumnya dilakukan secara rutin tiap 1-3 tahun.

    Terdapat berbagai klasifikasi untuk menginterpretasikan hasil pemeriksaan pap smear. Salah satu yang sering digunakan adalah metode papanicolau. Berikut klasifikasinya :

    1. kelas I - negatif (normal)
    2. kelas II - terdapat sel atipik, tetapi tidak ada tanda keganasan/kanker
      ditemukan sel-sel yang mengalami regenerasi, terutama akibat perubahan setelah melahirkan atau akibat peradangan non-spesifik
      sebaiknya pemeriksaan pap smear diulang 6 bulan kemudian
    3. kelas III : lesi prakanker, terdapat displasia ringan pada sel-sel
    4. kelas IV : terddapat dispalsia sedang hingga berat pada sel-sel, menunjukkan suatu kanker yang terlokalisir (karsinoma in situ)
    5. kelas V : kanker 

    Dengan demikian, berdasarkan pemaparan Anda di atas, tampaknya serviks Anda sedang mengalami peradangan non spesifik, namun tidak terdapat sel-sel kanker. Peradangan pada serviks sebaiknya tidak dianggap sepele.  Sampaikan hasil pemeriksaan ini ke dokter spesialis kandungan yang biasa menangani Anda. Dokter akan menentukan langkah pengobatan yang tepat. Ikutilah anjuran dokter dan lakukan pemeriksaan ulang pap-smear, setidaknya 6 bulan kemudian.

    Beberapa anjuran persiapan pemeriksaan pap smear :

    • hindari penggunaan pembersih khusus vagina (douche) selama setidaknya 3 hari
    • hindari hubungan seksual dengan pasangan Anda setidaknya 3 hari
    • pastikan tidak sedang menstruasi atau mengalami perdarahan
    • bila mengalami keputihan sebaiknya disampaikan dahulu dokter sehngga bisa diobati seperti pemeriksaan dilakukan

    Semoga bermanfaat ya

    dr. LIli