Tanya Dokter

  • Arti hasil pemeriksaan hepatitis B

  •  ferry.unas
    Anggota

    Salam Dok,

    1 minggu lalu saya melakukan pemeriksaan Lab, dan hasilnya Darah saya terkontaminasi Hepatitis B / HBsAG saya Positif.

    Hasil pengecekan lab fungsi hati saya sbg berikut :

    SGOT 19 dan SGPT 30

    Hematologi

    - Hemoglobin 16,3

    - Hematokrit 49

    - Leukosit    5.500

    - Trombosit  339.000

    Yang mau saya tanyakan adalah :

    1. Apakah dari hasil tes SGOT, SGTP & Hematologi saya masih normal / bahaya ? apabila bahaya, haruskah saya minum obat dokter untuk hepatitis tsb, apa obatnya Dok ?

    apabila masih normal, berarti saya cukup minum / Fokus meninggaktkan IMUN ya dok ? cukup dg minum Curcuma / obat Gamat Gold G ( hewan tripan ) dok ?

     

    2. Apakah hepatitis itu dapat menular melalui Keringat & Ludah dok,  cara penulurannya cukup dg kontak lgsg dg ke-2 hal tsb / harus masuk ke dalam tubuh orang normal terlbh dahulu dok ?

     

    Mohon bantuannya Dok,

    Terima kasih

    Hai Ferry 1. Dari hasil fungsi hati (SGOT dan SGPT) masih dalam batas normal, dimana kemungkinan belum adanya gangguan fungsi hati akibat dari infeksi hepatitis B. Untuk mengetahui kondisi lebih lengkap jika telah terinfeksi hepatitis B, diperlukan pemeriksaan lain seperti IgM IgG anti-HBc, HBeAg, HBV DNA, anti-HBs. Dari penelitian yang telah dilakukan, 90% dari terinfeksinya hepatitis B akan sembuh dengan sendirinya, asalkan mempunyai daya tahan tubuh yang kuat, dan pola hidup yang sehat. 2. Hepatitis B ditularkan melalui: Darah, cairan tubuh dan juga dari ibu yang terinfeksi dimana ditularkan ke anak saat kehamilan atau persalinan. Informasi lengkap mengenai faktor risiko penularan hepatitis B dapat Anda baca pada artikel berikut ini: Faktor risiko penyebab tertularnya hepatitis B. Dan informasi lengkap mengenai penyakit hepatitis B dapat Anda baca pada artikel berikut: Hepatitis B. Semoga membantu ya. Terima kasih. dr.Yan william