Tanya Dokter

  • muncul benjolan di kelamin bayi laki-laki usia 3 minggu

  •  Didin Sokeys
    Anggota

    selamat siang dok,saya memiliki anak bayi laki-laki usia 3 minggu dengan kondisi dalam kandungan 36 minggu sebelum di lahirkan. setelah 3 minggu baru-baru ini muncul  benjolan besar diatas kemaluan sebelah kiri, jika benjolan tersebut tidak muncul bisa buang air kecil tanpa tangis, tetapi jika benjolan tersebut keluar anak saya menangis terus. saya takutkan anak saya terkena hernia.tolong dokter apa yang harus saya perbuat dan bisa mengetahui gejala penyakit tersebut.terimakasih

    Selamat siang, terima kasih telah bertanya di Alodokter. Munculnya benjolan yang hilang timbul memang menandakan kemungkinan ke arah hernia. Hernia pada anak yang paling sering adalah hernia umbilikalis, yang mana hernia ini terjadi ketika usus, lemak atau cairan terdorong melewati titik lemah pada bagian otot perut bayi. Hal ini menyebabkan benjolan yang berada relatif didekat pusar. Kondisi ini pada umumnya tidak nyeri.

    Tanda-tanda adanya hernia adalah munculnya benjolan yang hilang timbul, dapat masuk kembali bila ditekan dan lebih mudah dilihat ketika bayi duduk, berdiri, batuk, menangis, atau sedang buang air. Hernia umbulikalis biasanya dapat sembuh dengan sendirinya seiring dengan semakin menguatnya otot perut bayi.

    Pada kasus anak Anda, yang harus diperhatikan adalah apakah bayi Anda menangis karena muncul benjolan itu, atau karena bayi Anda menangis, muncullah benjolan itu. Karena bila memang hernia, seperti yang kami sampaikan di atas, kondisi ini seharusnya tidak nyeri. Bagaimanapun, karena mungkin sulit dibedakan oleh orangtua, dan untuk menghindari adanya kesalahpahaman, saran kami tetap periksakan kondisi anak Anda pada dokter spesialis anak, dan sampaikan juga kapan saat-saat benjolan tersebut muncul. Semoga Anda dan keluarga sehat selalu.

    Sekian, semoga bermanfaat.

    dr. Amadeo D. Basfiansa