Tanya Dokter

  • Benjolan di sekitar alat kelamin

  •  ChoirulHuda
    Anggota
    Dok,di skotrum saya terdapat banyak benjolan seperti biji wijen dan benjolan itu terdapat rambut Apakah saya mengalami hernia atau varikokel

    Hai terima kasih atas pertanyaannya, benjolan kecil pada testis dapat diakibatkan oleh beberapa hal berikut ini:

    • Folikulitis, merupakan infeksi pada folikel rambut di sekitar testis. Muncul plenting kemerahan dengan tengah berisi nanah.
    • Molluscum Contagiosum, adalah bintil yang muncul pada kulit akibat infeksi virus. Bintil seukuran biji kacang hijau, terasa gatal, dan saat pecah akan mengeluarkan cairan putih kekuningan (seperti nasi).
    • Kutil Kelamin, adalah benjolan daging yang muncul di sekitar kelamin dan dapat tumbuh di area dubur. Merupakan bentuk dari infeksi menular seksual akibat infeksi virus HPV (Human Papilloma Virus)
    • Herpes Genital/ Herpes Simplek, adalah variasi penyakit herpes yang muncul di sekitar kelamin. Menimbulkan plenting berisi cairan yang nyeri.
    • Skabies/ Kudis/ gudig adalah penyakit kulit akibat infeksi kutu atau tungau sarcoptes scabiei. Kutu ini sering menyerang bagian lipatan tubuh seperti sela jari, selangkangan, ketiak, lipat payudara dan lipatansekitar kelamin. Menimbulkan rasa gatal terutama saat malam hari. Kutu akan membuat terowongan pada kulit dan ruam seperti jerawat. 

    Adapun hernia adalah benjolan yang muncul akibat terdapat organ tubuh yang mencuat melalui jaringan otot atau dinding rongga yang lemah. Adapun kejadian yang sering terjadi adalah hernia inguinalis (keluarnya isi perut melalui selangkangan) dan skrotalis (lanjutan hernia inguinallis yang telah mencapai skrotum). Benjolan ini dapat hilang timbul atau menetap sesuai dengan derajat hernia. Sedangkan varikokel adalah pelebaran vena di skrotum (varises di pembuluh darah skrotum). Kondisi ini menyebabkan skrotum terasa nyeri, membengkak dan terasa benjolan.

    Saran kami sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter ya. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik langsung terhadap benjolan di skrotum Anda dan melakukan pemeriksaan penunjang apabila diperlukan. Semoga informasi ini bermanfaat

    Salam

    dr. Tri Uji Rahayu