Tanya Dokter

  • Gejala awal hernia pada laki-laki

  •  parsian
    Anggota
    Selamat siang, Saya mau bertanya dok. Bagaimana gejala awal bila terkena turun berok/ hernia? Saya sudah hampir 2 bulan sakitnya selalu dilambung kata dokter2 yg ud saya datengin. Pertama diarea pinggang belakang kiri. nah sekarang ud sekitar 4 harian pindah ke area deket selangkangan sebelah kanan. saya pencet ada rasa sakit. Tapi bisa saya pencet kenceng dok. badan saya juga suka meriang sedikit. Lambung gas nya suka ada terus. saya juga merasa berat badan saya menurun. Apakah saya kena hernia dok? Saya 3 minggu lalu sudah USG, cek darah. semua normal. tapi kalau badan saya uda merasa ga enak lambung bergas, demam sedikit dan lemas disertai rasa sakit deket selangkangan kanan bawah. saya selalu dikasih obat lambung aja dok. Salam sejahtera. Tuhan memberkati

    Halo, terima kasih atas kepercayaan anda kepada Alodokter.

    Hernia adalah masuknya usus ke tempat yang tidak seharusnya melalui celah yang pertahanannya lemah. Hernia sering terjadi pada dinding perut, di mana usus masuk melalui celah pada dinding perut yang lemah, menimbulkan benjolan serta keluhan pada sistem pencernaan. Hernia ada yang bersifat bawaan, yaitu muncul pada bayi baru lahir; dan ada yang bersifat didapat yaitu pada orang dewasa atau orang tua.

    Keluhan awal yang dirasakan pada hernia umumnya adalah muncul benjolan pada selangkangan atau lipat paha, pada laki-laki benjolan dapat mencapai kantung buah pelir / skrotum sehingga buah pelir turun sebelah. Awalnya benjolan ini dapat keluar masuk dengan sendirinya, membesar dan mengecil; bila berdiri atau mengejan benjolan muncul dan membesar, saat berbaring benjolan akan mengecil atau bahkan menghilang. Lama-kelamaan benjolan menjadi tidak dapat masuk, tetap menonjol dan terjepit sehingga menimbulkan keluhan perut kembung, mual dan muntah, tidak bisa buang air besar (BAB), serta tidak bisa buang angin / kentut.

    Faktor resiko terjadinya hernia antara lain usia tua, sering bekerja mengangkat beban berat, pada laki-laki yang mengalami pembesaran prostat sehingga harus mengejan setiap buang air kecil (BAK), penderita penyakit paru kronik yang mengharuskan batuk kuat untuk mengeluarkan dahak.

    Berdasarkan cerita anda, keluhan-keluhan anda kurang mengarah ke hernia. Oleh karena itu, ada beberapa kemungkinan penyakit yang mendasari keluhan anda yaitu :

    1. Radang usus buntu. Usus buntu merupakan bagian dari usus besar yang arah salurannya berbeda sehingga membentuk sebuah kantung kecil. Apabila sisa makanan terjebak di dalamnya dapat mengakibatkan tumbuh suburnya bakteri sehingga usus buntu akan meradang. Keluhan yang dialami pasien awalnya adalah badan demam atau meriang, disertai nyeri pada ulu hati sehingga sering dianggap sebagai sakit maag. Setelah beberapa hari, nyeri akan berpindah ke perut kanan bawah, bahkan untuk mengangkat kaki terasa nyeri.

    2. Dispepsia, yaitu sekumpulan gejala terkait rasa tidak nyaman pada perut bagian atas / ulu hati, sering disebut sakit maag. Dispepsia terbagi menjadi dua golongan besar, yaitu dispepsia fungsional di mana tidak ada kelainan yang ditemukan pada sistem pencernaan; dan dispepsia organik di mana ditemukan kelainan yang mendasari keluhan, misalnya luka pada lambung atau usus 12 jari yang memunculkan gejala muntah dan BAB hitam, batu pada sistem empedu liver / hati yang memunculkan gejala nyeri ulu hati terutama daerah kanan atas setiap kali makan disertai kekuningan pada kulit dan mata. Dispepsia fungsional merupakan dispepsia terbanyak yang ditemui, kelainan yang terjadi yaitu produksi asam lambung berlebih, lambung dan usus 12 jari yang terlalu sensitif terhadap makanan, gerakan lambung dan usus 12 jari yang tidak teratur. Faktor resiko dispepsia fungsional adalah pikiran yang stres, gaya hidup tidak sehat.

    3. Batu saluran kemih, yaitu terbentuknya batu pada sistem saluran kemih, bisa pada ginjal, ureter (saluran penghubung ginjal dan kandung kemih), kandung kemih, serta urethra (saluran yang keluar dari kandung kemih menuju lubang pembuangan. Bila pada ginjal, gejala yang muncul adalah nyeri pinggang yang menjalar hingga ke perut, hilang timbul, dapat disertai demam atau meriang. Bila pada ureter gejala berupa nyeri hebat seperti diremas-remas, hilang timbul, pada pinggang menjalar ke perut hingga ke selangkangan dan alat kelamin. Bila batu terdapat di kandung kemih, gejala berupa nyeri perut tengah bawah, serta buang air kecil (BAK) tiba-tiba tersumbat.

    Kami menyarankan anda segera memeriksakan diri ke instalasi gawat darurat (IGD). Keluhan-keluhan yang anda alami perlu dipastikan apakah suatu kegawatdaruratan medis atau bukan.

    Artikel mengenai hernia dan radang usus buntu berikut dapat anda baca utuk menambah informasi bagi anda.

    Sekian penjelasan kami, semoga membantu anda, terima kasih.