Tanya Dokter

  • Ruam hitam berbentuk cincin dan kemerahan saat hamil muda

  •  Putri Nabila
    Anggota

    Selamat siang dok, saya seorang ibu dari satu anak dan sekarang sedang mengandung anak kedua. Kehamilan saya sekarang berusia 15 minggu. Pada hari senin pagi saat saya bangun tidur saya menemukan di tangan kanan saya sebelah kanan ada lingkaran hitam yang dikelilingi dengan warna merah ditambah bintik2 putih yang esokannya bertambah disekitarnya. Saya tidak merasa gatal tapi jika disentuh sangat sakit dan saya merasakan pegal sekali. Dan kemarin jadwal saya periksa hamil. Ketika itu saya menanyakan apa yg terjadi dengan tangan saya apakah berbahaya. Bidannya bilang ini virus harpes dan saya di rujuk ke rs. Dan hari ini lukanya tiba2 sudah mengering. Bintik putihnya juga sudah terkelupas sendiri. Pertanyaan saya 1.apakah saya harus tetap periksakan ke rumah sakit walaupun lukanya sudah kempes dan mengering? 2. Apakah herpes ini sangat berbahaya bagi bayi kehamilan saya yang baru memasuki usia 15 minggu. Dampak apa yg terjadi pada bayi saya jika saya kena herpes? 3. Apakah jika sudah disembuhkan herpes ini akan tetap membahayakan bagi bayi saya nanti ketika sudah lahir? Sekian pertanyaan dari saya, terimakasih banyak jika dokter berkenan menjawab.

    Hallo Putri, Terimakasih atas pertanyaan Anda pada Alodokter

    Herpes gestationis disebut juga pemphigoid gestationis merupakan penyakit autoimun yang menyerang ibu hamil, dan sangat langka. penyakit ini menyerang ibu hamil saat usia kandungan trimester ke dua dan ketiga, disebabkan oleh sistem imun tubih bernama immunoglobulin tipe G ( IgG) yang menyerang jaringan tubuh, lebih tepatnya zat protein BPAG2 yang berada dibagian antara epidermis dan dermis, lapisan kulit luar akan melepuh dan membentuk ruam ruam merah. Gejala awal dari penyakit ini adalah munculnya benjolan benjolan berwarna merah yang terasa sangat gatal, diarea sekitar perut, dalam beberapa hari atau minggu ruam ruam tersebut akan menyebar kearea tubuh lain seperti pinggul, punggung,bokong, lengan,pada minggu ke dua atau ke 4 lepuhan tersebut akan terasa gatal. Namun ada beberapa ibu hamil yang tidak mengalami timbulnya lepuhan namun bercak bercak merah disekujr tubuh, penyakit ini bukanlah penyakit yang mengancam kehamilan, beberapa ibu hamil merasakan gejala penyakit tersebut akan hilang saat menjelang persalinan. Komplikasi kehamilan dapat terjadi bila penyakit ini bertemu dengan penyakit lain, dan komplikasi tersebut adalah:

    1. Benjolan benjolan akan menular ke bayi, akan tetapi jika bayi memperoleh kolostrum maka benjolan benjolan tersebut akan hilang dengan sendirinya
    2. Infeksi sekunder yang menyebabkan bekas luka tidak hilang pada kulit ibu
    3. Beresiko lahir prematur.

    Ruam hitam berbentuk cincin dan kemerahan,  kemungkinan lain selain herpes gestational adalah:

    1. Herpes zoster
    2. Kurap atau kadas, yang disebabkan oleh infeksi jamur
    3. Dermatitis atopik atau eksim
    4. Granuloma annulare

    Sebaiknya Anda konsultasikan atau periksakan ke dokter kulit, agar dilakukan pemeriksaan secara langsung sehingga diketahui penyebabnya, dan dokter akan memberikan terapi sesuai dengan penyebabnya.

    Beberapa hal yang bisa Anda lakukan

    1. Jaga kebersihan kulit
    2. Mandi secara teratur
    3. Hindari menggaruk kulit yang gatal
    4. Potong kuku yang panjang

    Terimakasih, semoga bermanfaat. dr.Nurmarwiyah