Tanya Dokter

  • Mual, pusing, sakit kepala pada pasien hipertensi

  •  aini
    Anggota

    Dok. Sy sering mengalami mual, pusing. Kaki awalnya dingin kmudian kepala skt. Apa gejala ini bahaya dok. Apalagi sy px hipertensi. Ada nyeri di bagian belikat sblh kiri dkt dg jantung

    Halo,   Hipertensi memang penyakit yang berbahaya jika tidak ditangani secara tepat. Penyakit ini bisa menimbulkan komplikasi penyulit seperti stroke dan permasalaah jantung, ginjal  dll akibat tingginya tekanan darah. Gejala yang Anda rasakan memerlukan pemeriksaan fisik untuk mengetahui apakah ada korelasi/ hubungan antara gejala ini dengan penyakit hipertensi Anda. Namun biasanya darah tinggi sering dikaitkan dengan sakit kepala dan nyeri tengkuk juga rasa pusing berputar. Namun gejala mual dan sakit kepala bisa juga disebabkan permasalahan lain seperti :

    1. Sakit maag.
    2. GERD
    3. Keracunan makanan
    4. Infeksi usus
    5. Gangguan ginjal
    6. gangguan jantung
    7. Efek obat obatan.
    8. dll.
    Saran terbaik kami adalah periksakan diri Anda dan kontrol tekanan darah Anda ke dokter terdekat. Dokter akan memeriksa dan melakukan tes medis seperti tes darah, EKG (rekam jantung), USG, dll untuk mengetahui efek buruk yang ditimbulkan hipertensi kepada tubuh Anda dan mengetahui apakah ada permasalahn lain selain hipertensi. Dengan mengetahui penyebab dari keluhan Anda maka dokter bisa memberikan penanganan yang sesuai untuk mengurangi keluhan yang Anda rasakan. Untuk menjaga kestabilan tekanan darah yang normal Anda bisa melakukan beberapa cara yaitu :
    1. Rajin berolahraga, pilihlah olahraga dengan impak kecil seperti joging, berenang, jalan cepat.
    2. Makan gizi seimbang, batasi konsumsi garam.
    3. Istirahat cukup
    4. Kelola stress
    5. Hindari rokok dan asap rokok.
    6. Minum obat penurun tekanan darah sesuai anjuran dokter.
    Baca topik Hipertensi. Semoga bermanfaat.   dr. Yusi