Tanya Dokter

  • penyebab kadar gula darah dalam tubuh selalu rendah

  • dok sy mau tanya, setelah sy sakit radang usus kenapa gula darah sy selalu d bawah 100 padahal sy makan normal d minum yg manis2. kira2 apa ya dok penyebabnya. apa ada kelainan d metabolisme sy? apa yg hrs sy lakukan dok? trims

    Halo Agus, terimakasih atas pertanyaannya untuk Alodokter

     

    Kadar gula darah dalam tubuh seseorang bisa bervariasi tergantung dari kapan waktu pengukuran gula darah tersebut. Normalnya gula darah berada di bawah 100 mg/dL saat puasa kurang lebih 8 jam dan kurang dari 140 mg/dL pada 2 jam setelah makan. Pada kondisi normal, gula darah berada pada level terendah sesaat sebelum makan. Kadar gula darah sebelum makan rata-rata adalah 70-80 mg/dL, namun pada beberapa orang, kadar gula darah hingga 60 mg/dL masih dapat dikatakan normal.

    Gula darah dikatakan rendah bisa bervariasi pada setiap orang. Normalnya gula darah tidak akan turun lebih rendah dari 60 mg/dL meskipun saat sedang berpuasa hingga 8 jam. Seseorang dikatakan memiliki gula darah rendah atau hipoglikemia bila gula darahnya berada di bawah 60-70 mg/dL disertai dengan gejala-gejala hipoglikemia yang khas. Beberapa gejala awal terjadinya hipoglikemia antara lain:

    1. pusing
    2. sakit kepala
    3. badan terasa dingin disertai dengan munculnya keringat dingin
    4. badan lemas
    5. gemetar
    6. kebingungan
    7. jantung berdebar
    8. kulit pucat

     

    Sebaiknya anda memperhatikan lebih lanjut lagi waktu pemeriksaan gula darah yang anda lakukan. Selama hasil pemeriksaan gula darah anda tidak berada di bawah 60-70 mg/dL dan anda tidak merasakan gejala-gejala hipoglikemia, kemungkinan besar tidak ada sesuatu yang tidak normal pada diri anda. Bila gula darah anda berada di bawah 60-70 mg/dL dan anda merasakan gejala-gejala hipoglikemia setiap saat, maka sebaiknya anda melakukan pemeriksaan secara langsung ke dokter untuk dievaluasi lebih lanjut dan diberikan penatalaksanaan yang sesuai.

    Bila memang gula darah anda berada dalam kadar yang normal-normal saja (masih berada di atas 60-70 mg/dL), maka sebenarnya tidak ada yang perlu anda lakukan. Anda dapat mencoba untuk memakan makanan yang bertahan lebih lama di dalam lambung untuk menjaga kestabilan gula darah anda sepanjang hari. Meminum minuman yang manis-manis ataupun makanan yang manis (yang mengandung gula sederhana seperti gula pasir), akan meningkatkan gula darah anda dengan cepat, namun gula darah tersebut akan turun dengan cepat pula. Contoh makanan yang bertahan lama di dalam lambung antara lain beras merah dan beras coklat, roti gandum utuh, oatmeal, kacang-kacangan, daging-dagingan.

     

    Sekian informasi dari saya, semoga cukup menjawab

     

    dr. irna cecilia