Tanya Dokter

  • Seks bebas dan risiko HIV

  • Malam dok. Saya mau bertanya. Temen saya setahun yang lalu pernah melakukan hubungan seks sampe 4 kali tpi berbeda laki-laki tanpa menggunakan pengaman. Terus kemarin dia ngelakuin hubungan seks lagi sama laki-laki yang berbeda lagi tanpa menggunakan pengaman juga. Temen saya kemungkinan bisa terkena penyakit HIV gak dok?

    Hai Yanet Resiko tertular HIV tergantung dari apakah pasangan berhubungan seksual tersebut positif HIV atau beresiko tinggi HIV atau tidak. Resiko tinggi HIV, antara lain:

    • Hubungan seksual dengan PSK
    • Pengguna narkotik jarum suntik bergantian
    • Memakai tattoo dengan peralatan yang tidak steril
    • dan lainnya.
    Bila pasangan seksual positif HIV atau memiliki resiko yang tersebut diatas, maka kemungkinan tertular HIV lebih besar. Untuk memastikan apakah tertular HIV atau tidak diperlukan pemeriksaan antibodi HIV melalui darah. Sebaiknya menghindari hubungan seksual bergonta ganti pasangan karena selain beresiko tertular HIV, juga beresiko tertular penyakit menular seksual lain seperti gonore, herpes genital, sifilis, klamidia, dan lainnya. Informasi lengkap mengenai HIV dapat Anda baca pada artikel berikut ini: HIV-AIDS. Semoga membantu ya. Terima kasih. dr.Yan william

    Semua laki laki yang pernah melakukan sama temen saya tidak terkena HIV dok. Cuman temen saya melakukan hubungan seks sampai 5 kali tapi berbeda cowok semua. Itu terkena HIV gak dok? Soalnya kalo saya tnya temen2 katanya terkena gitu. Makasih dok.