Tanya Dokter

  • Tentang penyebaran virus HPV

  •  Ayaaa
    Anggota

    Selamat Siang Dok

     

    Berbagai banyak sumber saya membaca soal HPV ,saya pengen tau aja karna juga saya punya teman terkena HPV.

    Jadi , HPV itu kebanyakan orang banyak mengatakan jikalau melakukan seks dengan orang yg mengidap HPV itu berarti besar kemungkinan terkena kan dok?

    Pertanyaan saya, apakah setiap orang mempunyai virus HPV tersebut?

    misal nya jika saya seks dengan suami saya tapi dia tidak mengidap HPV karna cuman seks dengan saya, apakah kami sebagai suami istri bisa terkena HPV?

    Ayaaa  dr. Adhi Pasha
    Dokter

    Halo Ayaa,

    HPV atau human papillomavirus merupakan virus yang dapat menular dan menimbulkan berbagai gejala seperti kutil diberbagai bagian tubuh, kutil kelamin ataupun sebagai salah satu faktor pemicu timbulnya kanker serviks meskipun tidak semua jenis HPV menyebabkan kanker. HPV sendiri jenisnya ada cukup banyak hingga lebih dari 60 jenis.

    Penularan HPV tidak hanya terbatas karena hubungan seks saja, tetapi juga dapat karena sentuhan langsung kulit ke kulit dengan pengidap ataupun dengan benda yang terkontaminasi HPV. Hubungan seks juga menularkan tidak hanya hubungan saja tetapi juga akibat kontak dengan kutil kelamin, membran mukosa, pertukaran cairan tubuh, ataupun oral seks.

    Tidak semua orang memiliki HPV dan HPV dapat dicegah salah satunya dnegan pemberian vaksinasi HPV dan juga kontak langsung pada misalnya kutil, hindari bergonta-ganti pasangan, menjaga kebersihan diri, dan jika berisiko dapat menggunakan kondom ketika berhubungan seks, hindari juga menggunakan barang pribadi secara bersama-sama. Untuk memastikan diagnosa perlu dilakukan pemeriksaan oleh dokter dimana pada kelamin dapat dilakukan papsmear ataupun tes IVA ataupun pemeriksaan HPV DNA.

    Semoga bermanfaat,

    dr. Adhi P.