Tanya Dokter

  • Mengatasi lesi penyakit kusta yang kembali kambuh

  •  Omangg
    Anggota
    Sore alodokter saya yg dulu prnh kena kusta dan sudah di nyatakan sembuh oleh dokter yg biasa menangani saya,,hmpir 5 bulan ini bercak yg dlu'a prnh hilang dlu tiba" muncul lagi dan sangat tebal,,tpi akhir" ini brcak itu sudah menipis dan sedikit memudar...saya prnh nanya sama dokter kata'a ini biasa trjdi pada mereka yg terkena kusta trmsuk saya,,dokter bilang ini adlah lesi lama yg muncul kmbali pada kulit.. Prtnyaan'a karna ini sudah hampir 5 bulan dan sudah ada perubahan sudah menipis apa yg harus saya lakukan agar bisa sdkit mmbntu mempercepat agar kulit saya normal kembali dok?? Terima kasih
    Omangg  Omangg
    Anggota

    Knpa tidak jawab pertanyaan saya alodokter.. Apa ada kesulitan dngan prtnyaan saya?

    Halo Omang, terima kasih atas pertanyaannya. Kusta atau bisa dikenal dengan Morbus Hansen, merupakan infeksi yang diakibatkan oleh bakteri Mycobacterium leprae. Penyakit ini menyerang sistem saraf, kulit serta membran mukosa tubuh Anda. Kusta dapat disembuhkan dengan beberapa kombinasi terapi antibiotik. Namun, pengobatan harus dilakukan dalam waktu 12 bulan rutin. 

    Pada saat Anda telah selesai meminum obat Kusta, Anda dinyatakan sembuh. Namun pada perjalanan penyakit ini, tubuh bisa menimbulkan reaksi yang dapat muncul sebelum, saat, bahkan setelah pengobatan selesai. Reaksi ini diakibatkan oleh efek dari sistem kekebalan tubuh Anda. Terdapat dua jenis reaksi yang terjadi pada kusta yaitu :

    1. Reaksi reversal / reaksi tipe 1

    2. Eritema Nodus Leprosum / reaksi tipe 2

    Reaksi yang timbul ini ditentukan dari gejala yang muncul pada Anda. Reaksi yang muncul tidak menandakan bahwa Anda terinfeksi kusta kembali. Namun infeksi yang terjadi pada kusta memang dapat menyebabkan bekas pada kulit. Untuk mengobati reaksi yang terjadi pada kusta ringan biasanya diberikan obat-obatan sesuai gejala / simtomatik. Namun untuk reaksi yang berat atau reaksi tipe 2 diperlukan pengobatan anti radang yang diminum secara terus menerus untuk beberapa waktu. Perbaikan pada reaksi kusta tidak hanya ditentukan oleh pengobatan namun dari sistem kekebalan tubuh Anda. Sebaiknya Anda menemui kembali dokter kulit Anda untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. 

    Semoga bermanfaat,

    dr. Anissa