Tanya Dokter

  • pemberian vaksin dengan selang waktu di bawah 4 minggu

  • Dok saya mau bertanya mengenai imunisasi pada bayi. Anak saya lahir tgl 30 juni 2018. Kemudian tgl 1 juli diimunisasi HB0. Tapi jadwal imunisasi berikutnya tgl 24 Juli di klinik tempat saya bersalin. Apakah imuniasi yg akan dilakukan tgl 24 itu baik buat anak saya dok? Sedangkan pada buku kia jeda waktu saat imunisasi min 4 minggu. Sedangkan pada tgl 24 juli itu blm genap 4 minggu

    Salam,

    Dari info yang Anda sampaikan, pemberian vaksin mempunyai interval minimal sekitar 4 minggu, teruma untuk vaksin dengan jenis yang sama. Namun, untuk jenis vaksin yang berbeda hal ini kemungkinan tidak menjadi resiko.

    Pada jenis vaksin yang sama,pemberian vaksin dosis ke dua dengan selang waktu di bawah 4 minggu, mempunyai resiko efektivitas pembentukan kekebalan tubuh tidak terajadi secara optimal, sehingga bila pemberian jenis vaksin yang sama di berikan sebelum 5 hari atau lebih dari jadwal dosis ke dua,maka disarankan untuk pemberian ulang vaksin,namun hal ini tidak termasuk untuk jenis vaksin tertentu, seperti vaksin rabies.

    Oleh karena itu,bila jadwal jenis imunisasi  yang dijadwalkan belum  4 minggu, perlu didiskusikan langsung dengan dokter anak Anda. Sehingga Anda mendapatkan informasi yang lebih tepat berkaitan dengan jadal imunisasi  bayi Anda. Hal ini diperlukan, karena dokter anak Anda lebih memahami kondisi klinis bayi Anda dan rencana imunisasi bayi Anda.

    Demikian info yang bisa kami sampaikan, baca juga imunisasi.

    dr. Ulfi