Tanya Dokter

  • Indikasi kehamilan

  • Dok saya mau tanya, terakhir saya haid tanggal 1 Juni, lalu tanggal 27 Juni saya seperti haid mengeluarkan darah hitam hampir 3 hari. Lalu tanggal 5 Juli perut saya terasa sakit (kram) serta mengeluarkan flek. Ketika datang ke dokter umum, dokter umum menyarankan saya untuk test kehamilan. Tanggal 10 Juli sata testpack sebanyak 3x hasilnya positip. Lalu tgl 11 Juli saya ke spesialis obgyn untuk USG. Namun, informasi yang dokter sampaikan janin belum terlihat hanya ada penebalan dinding rahim. Tanggal 17 Juli saya kembali ke spesialis obgyn untuk transvagina dan hasilnya belum terlihat janin atau kantung janin hanya ada pembesaran di tuba valopi dan rahim sebelah kanan. Jika seperti itu apakah saya masih hamil dok? Dan maksud pembesaran pada rahim sebelah kanan dan tuba falopi itu apa? Terima kasih

    Hallo Rita

    Pemeriksaan kehamilan dapat dilakuakn dengan berbagai metode seperti misalnya test pack kehamilan, pemeriksaan kadar hCG didalam darah, hingga tindakan USG. Tidak ada suatu pemeriksaan yang benar-benar sempurna, maka itulah diperlukan pemeriksaan lainnya untuk membantu memastikan kondisi medis seseorang.

    Tindakan USG perut pada fase awal kehamilan cukup sulit dilakukan, apalagi jika memang ukuran janin belum benar-benar mampu terdeteksi. Pada umumnya USG kehamilan dapat mendeteksi kondisi janin setelah usia kehamilan mencapai 8 minggu.

    Pemeriksaan test pack kehamilan maupun test kadar hCG didalam darah memiliki prinsip yang sama yang itu mengukur seberapa besar kadar hCG didalam tubuh. hCG sendiri adalah hormon yang diproduksi oleh sel-sel didalam plasenta, sehingga apabila didapatkan kadar yang meninggkat kemungkinan orang tersebut sedang mengalami kehamilan, adapun peningkatan kadar hCG sudah bisa terdeteksi sejak usia kehamilan 10-14 hari sejak pembuahan.

    Tuba fallopi sendiri adalah saluran penghubung antara ovarium dengan rahim, pembesaran pada saluran ini memiliki makna yang luas, baik itu adanya kelainan bentuk, kista, kehamilan ektopik, hamil anggur, blighted ovum,  atau bisa juga adalah kondisi janin yang masih sangat kecil sehingga tidak terlalu memberikan gambaran jelas akibat terlalu dini dilakukan. Di sisi lain pemeriksaan USG merupakan suatu pemeriksaan yang sifatnya bergantung pada operator yang melakukannya. Maka itu diharapkan untuk memeriksa USG kembali 1 bulan kemudian dengan harapan pada saat itu sudah dapat terdeteksi dengan lebih jelas dengan pemeriksaan USG.

    Semoga bermanfaat

    dr. Arnold