Tanya Dokter

  • Program bayi tabung pada wanita yang sudah menopause

  •  Erni Sofia
    Anggota
    Dokter, apakah wanita yg sdh menopouse bisa mengikuti program bayi tabung
    Erni Sofia  dr. Devika Y
    Dokter

    Halo Erni,

    Masa menopause merupakan suatu masa yang pasti akan dialami oleh setiap wanita. Pada masa menopause sel telur sudah "habis" atau sudah tidak bisa diproduksi lagi. Oleh sebab itu wanita yang sudah menopause tidak akan bisa hamil lagi dengan cara konvensional.

    Untuk saat ini seiring dengan kemajuan teknologi, pembuahan sel telur dan sel sperma bisa dilakukan diluar rahim atau disebut bayi tabung. Wanita yang sudah menopause tetap bisa melakukan bayi tabung, hanya saja tidak dengan sel telurnya sendiri, melainkan dengan sel telur donor dari orang lain atau sel telur yang sudah dibekukan (apabila pernah melakukan prosedur pembekuan sel telur sebelumnya). Bayi tabung pada usia menopause juga tidak dianjurkan.

    Ketika sudah dilakukan pembuahan melalui bayi tabung, nantinya akan terbentuk embrio yang selanjutnya ditanamkan pada rahim. Dalam hal ini wanita yang sudah menopause tentunya akan ada perubahan hormonal yang membuat rahim tidak siap menerima embrio. Oleh sebab itu dibutuhkan terapi hormonal dulu supaya rahim bisa lebih siap menerima embrio. Setelah berhasil dilakukan pun wanita menopause yang hamil melalui proses tersebut harus terus melakukan kontrol dengan dokter karena dibutuhkan penanganan khusus selama kehamilan untuk menjaga kondisi kehamilan.

    Meskipun memungkinkan untuk dilakukan, tetapi hal ini memiliki resiko efek samping yang jauh lebih berat dibanding wanita usia subur. Efek samping bisa terjadi pada janin, bisa juga pada ibu hamil. Secara umum usia maksimal yang disarankan untuk hamil adalah 35 tahun. Di atas 35 tahun digolongkan ke dalam kehamilan resiko tinggi. Dan untuk tingkat keberhasilan bayi tabung juga menurun di atas usia 39 tahun.

    Oleh sebab itu wanita yang sudah menopause yang ingin melakukan bayi tabung sebaiknya berkonsultasi langsung dengan dokter kandungan dan mempertimbangkan segala resiko yang mungkin terjadi karena secara medis tidak dianjurkan untuk melakukan bayi tabung ataupun untuk hamil pada usia tua atau sudah menopause.

    Berikut ini artikel yang berhubungan dengan topik pertanyaan Anda:

    Bayi tabung

    Terimakasih dan semoga membantu,

    dr. Devika Y